Pendidikan & Kesehatan

12 Warga Kota Kediri Kategori Pemantauan Corona Covid-19

Kediri (beritajatim.com) – Sebanyak 12 orang di Kota Kediri saat ini masuk dalam tahap pemantauan terkait virus corona covid-19. Pemantauan dilakukan, karena yang bersangkutan memiliki riwayat bepergian keluar kota dalam dua pekan terakhir.

Meskipun bukan kategori karantina, Pemkot Kediri melalui Puskesmas melakukan pengawalan ketat terhadap mereka. Ke-12 orang tersebut disarankan agar tidak pergi ke mana-mana, maupun berinteraksi dengan banyak orang.

Mereka masuk dalam kelompok Orang Sehat Dalam Risiko atau ODR. Berdasarkan data Dinas Kesehatan setempat, jumlah totalnya sebanyak 41 orang, dimana 29 diantaranya telah dinyatakan sehat. Sementara 12 lainnya akan dilakukan pemantauan selama 14 hari, sebagaimana masa inkubasi virus.

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar menyatakan, kedua belas orang tersebut dalam keadaan sehat. Namun, apabila dalam rentang waktu dua pekan terakhir mengalami kegaja sakit flu dan batuk akan dilakukan pemeriksaan intensif.

Sementara itu, dalam percepatan penanganan pandemi covid 19, pemkot telah membentuk gugus tugas dan mengeluarkan beberapa kebijakan khusus. “Kita telah membentuk gugus tugas dalam rangka percepatan penanganan covid-19,” kata Abdullah Abu Bakar, Senin (16/3/2020). Pihaknya memastikan hingga saat ini belum ada kasus positif corona di Kota Kediri.

Kebijakan tersebut antara lain, proses belajar di rumah bagi pelajar dan mahasiswa, juga berlaku di tempat kursus atau les-lesan. Kemudian menunda even-even besar, seperti konser musik, sholawatan habib syeh dan kejuaraan olahraga, serta meniadakan acara rutin car free day di Jalan Dhoho setiap hari minggu untuk saat ini.

Meskipun melakukan penundaan bahkan peniadaan even besar, namun Pemkot Kediri menjamin kegiatan ekonomi dan pelayanan publik tidak ada kendala. Pun demikian dengan stok bahan makanan, dipastikan cukup hingga paska lebaran mendatang. Masyarakat diimbau tetap tenang, namun waspada dengan menerapkan pola hidup bersih. [nm/ted].





Apa Reaksi Anda?

Komentar