Pendidikan & Kesehatan

12 Ribu Vaksin Tahap Awal, 6 Ribuan Nakes Kota Malang Masuk Sasaran

Rakor sinkronisasi data Covid-19 di Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Pada tahap awal program vaksinasi di Kota Malang sebanyak 12.897 tenaga kesehatan masuk dalam kriteria penerima vaksin Covid-19. Dari jumlah 12 ribu lebih itu, sebanyak 7.050 tenaga kesehatan (nakes) datanya telah masuk ke Kementerian Kesehatan RI sisanya masih proses.

Plt Kadinkes Kota Malang, Sri Winarni mengatakan, ternyata, dari 7.050 tenaga kesehatan hanya 6.450 orang yang sudah memenuhi syarat. Mereka masuk kategori sasaran vaksin. Diantara syarat itu adalah tidak pernah terpapar Covid-19 dan berusia sekitar 19 sampai 59 tahun.

“Jadwalnya (vaksinasi), Kota Malang bulan Februari setelah Surabaya. Jumlah vaksin yang didapat untuk tahap pertama sebanyak 12.900 vaksin. Sedangkan, untuk jumlah nakesnya sebanyak 6.450 orang mereka masuk kategori nakes sasaran,” ujar Sri Winarni, Kamis, (14/1/2021).

Setelah proses vaksinasi bagi tenaga kesehatan rampung. Proses pendataan akan dilanjutkan bagi masyarakat yang memberikan pelayanan publik. Kemudian, berlanjut pendataan terhadap masyarakat di Kota Malang.

“Ada sebanyak 571.098 warga Kota Malang yang akan divaksin sampai tahap empat. Dari jumlah tersebut, nanti akan dipilah lagi, mana warga yang memiliki kormobid dan yang sudah pernah terpapar. Datanya akan disinkronkan dengan BPJS Kesehatan,” kata Sri Winarni.

Selama proses vaksinasi di Kota Malang. Data terbaru ada 76 tempat yang akan ditunjuk oleh Dinkes Kota Malang untuk melakukan vaksinasi. 76 tempat itu adalah fasilitas layanan kesehata, seperti rumah sakit, klinik hingga Puskesmas.

“Di fasilitas layanan kesehatan yang sudah ditetapkan sebagai pelaksana vaksin. Yang sudah diinput ada 76 fasilitas layanan kesehatan,” tandas Sri Winarni. [luc/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar