Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

1,2 Juta Warga Gresik Nikmati Layanan Kesehatan Gratis Lewat Program Universal Health Coverage

Gresik (beritajatim.com) – 1,2 juta warga Gresik menikmati layanan kesehatan gratis. Hal ini terwujud lewat program Universal Health Coverage (UHC) dari Pemerintah Kabupaten Gresik.

UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan secara menyeluruh untuk warga Gresik yang belum memiliki Kartu BPJS Kesehatan. Cukup membawa e-KTP atau KK, masyarakat Gresik yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa terlayani di 32 puskesmas, 51 klinik, dan 10 dokter praktik mandiri sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Sedangkan untuk fasilitas kesehatan tingkat rujukan, sudah disiapkan dua rumah sakit pemerintah. Juga ada 17 rumah sakit swasta siap memberikan pelayanan gratis bagi warga yang dilindungi UHC.


“UHC memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Gresik dengan mudah dan cepat,” ujar Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani), Selasa (4/10/2022).

Kendati pelayanan ini masih ada kendala, Gus Yani tetap optimistis persoalan warga bisa diurai. Dia yakin, semua bisa diselesaikan secara pelan-pelan.

“Kita tahu, saat ini masih mencakup 98,56 persen masih ada 1,4 persen masyarakat Gresik yang belum tercover. Nanti kita selesaikan pelan-pelan, yang penting kita mulai pelayanan kesehatan dengan mudah,” ujarnya.

Ia menambahkan, prinsipnya UHC membantu orang yang terdaftar dalam BPJS. Untuk itu, dilakukan mitigasi, untuk mereka yang mampu tetap bayar dan mereka yang kurang beruntung ekonominya akan ditanggung pemerintah.

Kepala BPJS Kabupaten Gresik, Tutus Novita Dewi menyatakan layanan ini merupakan wujud nyata kehadiran pemerintah daerah memastikan kesehatan masyarakat.

“UHC dapat menjadi penggerak untuk meningkatkan dukungan terhadap keberlangsungan program JKN. Dari cakupan 98,56 persen, Pemda Gresik mengcover sekitar 30 persen. Ini cukup luar biasa kontribusinya,” pungkasnya. [dny/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar