Pendidikan & Kesehatan

12.081 Mahasiswa Ikuti UTBK SBMPTN di Unej Mulai Hari Ini

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 12.081 orang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara bertahap mulai hari ini, Minggu (5/7/2020) di Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Tahap pertama UTBK berlangsung pada 5 – 14 Juli 2020, sementara tahap kedua akan diadakan pada 20 – 29 Juli 2020. Satu hari terdiri atas dua sesi, yakni pada pukul sembilan pagi dan dua siang. Pusat UTBK Universitas Jember menyiapkan 18 ruang UTBK yang mampu menampung 360 peserta pada setiap sesinya.

Sebelum menjalani ujian, mereka mengikuti protokol kesehatan, di antaranya pemeriksaan suhu tubuh dan mengikuti rapid test. Setibanya di lokasi UTBK, peserta masuk ke ruang transit untuk kembali diperiksa kelengkapan berkas administrasi dan pengukuran suhu tubuh untuk kedua kalinya.

Selama UTBK berlangsung, para pengantar tidak boleh menunggu di kawasan kampus. Kepala Sub Bagian Humas Universitas Jember Rokhmad Hidayanto mengatakan, ada 22 peserta yang absen pada sesi pertama hari pertama pelaksanaan UTBK.

Tim Pos Covid Universitas Jember telah berkomunikasi intensif dengan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Jember untuk merumuskan tahapan selama pelaksanaan UTBK. “Prinsipnya kita mengutamakan keselamatan dan kesehatan peserta bersama panitia,” kata Rektor Unej Iwan Taruna.

Bupati Faida yang meninjau lokasi mengatakan, Pusat UTBK Universitas Jember telah menjalankan semua prosedur protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Kami berharap, hingga hari terakhir pelaksanaan UTBK nanti juga akan berjalan dengan lancar,” katanya. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar