Pendidikan & Kesehatan

11 Kecamatan di Sumenep Zona Hijau, 16 Zona Kuning

Sumenep (beritajatim.com) – Dari 27 kecamatan di Kabupaten Sumenep, 11 diantaranya sudah menjadi zona hijau. Sedangkan 16 lainnya zona kuning atau risiko rendah penyebaran Covid-19.

Zona hijau itu sebagian besar merupakan wilayah kepulauan. Hanya 3 yang merupakan kecamatan daratan, yakni Guluk-guluk, Dasuk, dan Dungkek. Sedangkan lainnya yakni Kecamatan Giligenting, Nonggunong, Gayam, Arjasa, Kangayan, Masalembu, Raas, dan Sapeken, semuanya merupakan wilayah kepulauan. Hanya 1 kecamatan kepulauan yang belum zona hijau, yakni Kecamatan Talango, Pulau Poteran.

Humas Satgas Covid-19 Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, meski Sumenep zero zona merah. “Kunci untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 itu 3M. Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” katanya, Jumat (13/11/2020).

Ia mengaku tidak pernah bosan untuk mensosialisasikan agar masyarakat selalu ingat pesan ibu 3M itu, untuk menekan pertambahan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19. “Masih ada yang belum percaya dengan virus ini. Memang perlu kesadaran dan kerja keras semua pihak kalau ingin Sumenep menjadi zona hijau. Tidak cukup hanya pemerintah,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dirilis Kominfo Sumenep, jumlah kasus Covid-19 tercatat 668. 608 diantaranya dinyatakan selesai menjalani masa isolasi tanpa keluhan atau sembuh, dan 38 pasien meninggal. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar