Pendidikan & Kesehatan

109 Pasien Positif di Kota Malang Dalam 3 Hari Terakhir di Dominasi PDP

Humas tim Satgas Covid-19 Pemerintah Kota Malang Husnul Muarif.

Malang(beritajatim.com) – Dalam tiga hari terakhir angka pasien positif Covid-19 di Kota Malang meningkat tajam. Dalam tempo 72 jam sebanyak 109 pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Sejak Jumat, 24 Juli hingga Minggu 26 Juli 2020 tambahan pasien bertambah terus mulai 48 orang pada Jumat, 31 orang pada Sabtu, dan 30 orang pada Minggu.

Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Mu’arif mengatakan tambahan 109 pasien Covid-19 di dominasi oleh Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Sebanyak 68 orang berstatus PDP dinyatakan positif Covid-19. Jumlah yang cukup banyak selama pandemi Covid-19 di daerah itu.

“Di latarbelakangi oleh banyaknya mengidap penyakit penyerta atau komorbid. Jadi kadang hasil swabnya keluar ketika sudah dipulangkan, kadang juga ketika masih perawatan. Paling tinggi itu hipertensi, lalu diabetes melitus, sakit jantung dan gagal ginjal,” ujar Husnul, Senin, (27/7/2020).

Husnul mengatakan untuk proses penanganan PDP positif Covid-19. Bagi mereka yang masih berada di rumah sakit maka menjadi kewenangan pihak rumah sakit. Sedangkan, untuk PDP yang sudah selesai perawatan atau berada di rumah maka petugas Puskesma di kawasan PDP positif akan melakukan pemantauan.

“Kalau sudah dipulangkan kami pantau melalui puskesmas. Keluhannya seperti apa, akan kami sesuaikan dengan treatment yang kami lakukan. Termasuk memberikan terapi suplemen,” tandas Husnul.

Sementara itu, total sebanyak 553 warga Kota Malang dinyatakan positif Covid-19. Dari 553 pasien positif, sebanyak, 338 pasien masih dalam perawatan, 172 pasien dinyatakan sembuh dan 43 orang dinyatakan meninggal dunia. (luc/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar