Pendidikan & Kesehatan

Di Tengah Pandemi Covid-19

10 Santri Kembang Kuning Mampu Hafal Alquran

Pamekasan (beritajatim.com) – Sebanyak 10 orang santri Yayasan Nurul Amien Kembang Kuning, Dusun Sumber, Desa Lancar, Kecamatan Larangan, Pamekasan, berhasil menghafal Alquran juz 29-30 selama masa pndemi Covid-19.

Keberhasilan para santri dalam menghafal al-Qur’an pada dua juz terakhir, tidak lepas dari adanya kebijakan pemerintah tentang anjuran belajar atau bekerja di rumah alias take home. Hal tersebut dimanfaatkan para santri untuk menghafal Alquran

Bahkan para santri yang mayoritas masih berusia anak-anak, juga mampu mempertahankan hafalan mereka di hadapan tim penguji yang digelar di yayasan setempat, Kamis (21/5/2020) . Salah satu penguji hafalan yaitu Kepala MTsN 3 Pamekasan, Mohammd Holis.

“Alhamdulillah, bersamaan dengan tanggal 28 Ramadan 1441 Hijriyah kemarin, 10 santri berhasil menuntaskan hafalan Alquran juz 29 hingga juz 30,” kata Ketua Yayasan Nurul Amien Kembang Kuning, Ahmad Muhlis kepada beritajatim.com, Jumat (22/5/2020).

Dengan prestasi tersebut, pihak yayasan memberikan penghargaan berupa tabungan sebesar Rp 500 ribu dan satu mushaf al-Qur’an untuk masing-masing santri. “Penghargaan ini kita harapkan dapat membantu keberlangsungan pendidikan para santri pada jenjang pendidikan berikutnya,” ungkapnya.

“Dari itu kami berharap semoga hafalan para santri tetap istiqamah, sekaligus terus berupaya untuk meningkatkan hafalan pada juz lainnya. Tidak kalah penting juga kami harapkan hal ini dapat menjadi motivasi bagi para santri lain untuk menghafal Alquran,” harap pria yang juga tercatat sebagai dosen IAIN Madura.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh orang tua santri yang tulus memberikan dukungan kepada anak didiknya selama menghafal Alquran dalam empat bulan terakhir, terhitung sejak Februari hingga Mei 2020.

“Kami sampaikan terima kasih kepada para wali santri yang sudah mendukung putra-putrinya untuk menghafalkan Al Quran. Termsuk juga kepada para pihak yang turut mengapresiasi terhadap prestasi 10 satri, kami juga ucapkan jazakumullah ahsanal jaza’,” pungkasnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar