Pendidikan & Kesehatan

10 Pedagang dan Pembeli Kena Covid-19, Pasar Krempyeng Gresik Ditutup

Gresik (beritajatim.com) – Pasar Krempyeng Kota Gresik ditutup tim gabungan Satgas Penanganan Covid. Penutupan oleh sebab adanya 10 pedagang yang terpapar positif Covid-19.

Sepuluh orang yang terkonfirmasi positif tidak hanya pedagang saja, pembeli juga terkonfirmasi positif virus mematikan itu. Akibat kejadian itu, 150 pedagang terpaksa menutup lapak mereka.

Mereka sangat kecewa dengan adanya penutupan pasar ini. Seperti yang dialami oleh Siti Zulaikah (49) pedagang sayur-mayur di pasar krempyeng. Pasalnya, sejumlah petugas gabungan melakukan penutupan tanpa pemberitahuan. Sehingga, dirinya terpaksa memasukkan kembali untuk dibawa pulang. Beruntung dia memiliki sebuah toko kelontong kecil-kecilan di rumah.

“Bagaimana lagi, lha wong tidak boleh berjualan di pasar selama seminggu,” ujarnya, Kamis (11/06/2020).

Saat melakukan penutupan, petugas yang terdiri dari Satpol PP, TNI-Polri bersama-sama menyisir Pasar Krempyeng Gresik, untuk dilakukan penutupan ke seluruh pedagang. Mulai pedagang sayur, buah-buahan dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Pengelola Pasar Krempyeng Kota Gresik, Sochi mengaku, belum ada pemberitahuan sebelumnya. Tiba-tiba petugas datang memberitahu bahwa pasar akan ditutup.

“Petugas datang dan memberitahu akan menutup pasar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Gresik, Agus Budiono mengatakan, penutupan pasar Krempyeng karena ada pasien positif di dalam pasar. Total ada 10 orang positif Covid-19 dari Pasar Krempyeng usai dilakukan rapid tes dan test swab.

“Pedagang dan pembeli yang positif Covid-19 usai kita lakukan rapid test dan swab bulan Mei lalu,” paparnya.

Secara terpisah, Kasatpol PP Gresik Abu Hassan menambahkan, penutupan ini berlangsung selama tujuh hari ke depan. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi.

“Langsung kita pasang garis dilarang melintas. Besok pagi akan dilakukan penyemprotan disinfektan di pasar Krempyeng,” tandasnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar