Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Sepanjang Tahun 2021

10 Ibu Hamil di Magetan Terinfeksi HIV/ AIDS

Foto: Ilustrasi

Magetan (beritajatim.com) – Sepuluh ibu hamil di Magetan terinfeksi human immunodeficiency virus (HIV) selama tahun 2021. Tingginya jumlah ibu hamil yang terinfeksi HIV tak lepas dari pengaruh pandemi. Banyak yang tak merencanakan kehamilan hingga tak tahu kondisi tubuh sebelum mengandung.

Vika Sari Nawang Wulan Penanggungjawab HIV/AIDS Dinas Kesehatan Magetan mengungkapkan kalau pihaknya mencatat sepanjang tahun 2021 ada 69 kasus HIV yang ditemukan di sebanyak 14 puskesmas dan dua rumah sakit. Dari jumlah itu, penderita ditemukan saat kegiatan cek voluntary counseling and testing (VCT) keliling dan juga tes HIV atas Inisiatif Pemberi Layanan Kesehatan (TIPK)

Sebanyak 44 penderita ditemukan dari tes berbasis TIPK yang mengindikasikan bahwa penderita HIV sudah disertai dengan beberapa penyakit ikutan seperti diare dan tuberculosis. Sisanya, ditemukan saat Dinkes menjalankan keliling VCT di tiga bulan terakhir tahun 2021.

‘’ Untuk bumil ini mayoritas karena TIPK. Dari sepuluh, tujuh diantaranya sudah melahirkan dan bayi mereka aman. Namun kami tetap memantau kondisi tiga ibu kini masih mengandung,’’ terang Vika, Selasa (18/1/2022).

Menurut Vika, sebelum merencanakan kehamilan, kedua orang tua perlu menjalankan tes HIV. Dan itu jadi hal yang diperlukan juga bagi pasangan yang hendak menikah. Namun, belakangan VCT untuk pasangan menikah jarang dijalankan karena pandemi.

‘’Khususnya untuk yang hendak menikah ini diperlukan, supaya penyedia layanan kesehatan memberikan gambaran rencana dalam pernikahan mereka jika ditemukan ada penderita. Sehingga,kehamilan bisa aman. Penularan HIV dari ibu ke bayi bisa dikurangi jika diketahui sejak dini,’’ kata Vika. [fiq/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar