Pendidikan & Kesehatan

1 Nakes Positif Covid-19, Layanan IGD RSUD dr. Harjono Ditutup

Petugas memasang banner pengumuman penutupan layanan IGD. (FOTO/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) 24 jam RSUD dr. Harjono Ponorogo terpaksa harus ditutup sementara. Penutupan itu dilakukan, lantaran adanya tenaga kesehatan (nakes) di ruang tersebut yang terkonfirmasi positif Covid-19. Penutupan efektif dilakukan mulai tanggal 7 hingga 9 Januari 2021.

“Penutupan sementara ini karena nakes kami di ruangan IGD positif Covid-19,” kata Kepala bidang pelayanan medik RSUD dr. Harjono dr Abraham Reza Kautsar, Kamis (7/1/2020).

Maka dari itu, juga sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, petugas yang berada satu ruangan dengan yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri. Reza khawatir jika tetap dibuka, malah bisa menularkan pasien yang datang ke IGD. “Kita pastikan dulu teman-teman nakes di IGD, dengan menswab mereka. Swabnya hari ini dan swab kedua besok,” katanya.

Total ada 43 orang, petugas IGD yang dilakukan swab. Kalau hasilnya nantinya negatif semua, besar kemungkinan hari Sabtu (9/1) nanti akan dibuka lagi. Namun, kalau hasilnya positif, Reza menyebut pihaknya akan mencari berbagai alternatif. Salah satunya dengan menggeser nakes yang berada di ruangan lain untuk pindah ke IGD.

“Tapi permasalahannya di dokternya. Kalau nakesnya bisa digeser, sedangkan untuk dokter jaganya yang agak kesulitan. Ya kita berharap hasil swabya tidak ada yang positif,” pungkasnya. (end/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar