Pendidikan & Kesehatan

1 Karyawan Positif, Pelayanan Puskesmas Teja Sementara Tutup

Pamekasan (beritajatim.com) – Pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Teja Pamekasan, untuk sementara ditutup karena ditemukan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada salah satu karyawan Puskesmas setempat.

“Berdasar pemeriksaan swab pada tanggal 26 November 2020, ada salah satu karyawan inisial BS yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19,” kata Kasubbag TU Puskesmas Teja, Abu Mutfari, Kamis (3/12/2020).

Kondisi tersebut membuat pelayanan kesehatan puskesmas setempat ditutup untuk 14 hari kedepan, terhitung sejak hari ini hingga Rabu (16/12/2020) mendatang. “Berdasar temuan itu, kami melaporkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan. Selanjutnya dilakukan rapid test pada karwayawan Puskesmas Teja,” ungkapnya.

“Hasil rapid test seluruh karyawan Puskesmas Teja, menunjukkan ada sebagian karyawan dinyatakan dengan status reaktif dan sebagian lainnya non reaktif. Sementara untuk karyawan yang kontak langsung dengan karyawan yang positif, langsung dilakukan swab test di RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan,” jelasnya.

Dengan status menutup sektor pelayanan kesehatan di Puskesmas Teja, untuk sementara layanan kesehatan dialihkan ke sejumlah puskesmas terdekat. Seperti Puskesmas Pademawu, Puskesmas Kowel dan Puskesmas Tlanakan, Pamekasan.

Hal tersebut sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Dinkes Pamekasan, perihal penutupan layanan Puskesmas Teja, tertanggal 2 Desember 2020 kemarin. “Untuk sementara layanan kesehatan di Puskesmas Teja, ditutup dan dialihkan ke sejumlah Puskesmas terdekat,” kata Kepala Dinkes Pamekasan, dr Achmad Marsuki.

“Selama masa tersebut, kami mengimbau agar seluruh karyawan (Puskesmas Teja) melakukan isolasi mandiri dengan selalu memakai masker, tidak pergi ke ruang publik, menggunakan kamar terpisah selama di rumah, dan menerapkan jaga jarak,” imbaunya.

Selain itu, pihaknya juga bakal melakukan desinfeksi di Puskesmas Teja, guna menetralisir penyebaran Coronavirus Disease 2019. “Dari itu, jika ada keluhan batuk, flu dan panas agar segera berkonsultasi ke pelayanan kesehatan terdekat,” pintanya.

“Tidak kalah penting, tetap ikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan menerapkan 3M; memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Selain itu juga menjaga imun dan sebaiknya di rumah saja apabila tidak ada kepentingan,” pungkasnya.

Berdasar update peta sebaran virus corona yang dikeluarkan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Pamekasan, terdata sebanyak 438 orang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Meliputi 49 orang dalam tahap isolasi, 42 orang meninggal dunia, serta 347 orang lainnya dinyatakan sembuh.

Sementara untuk status suspect terdata sebanyak 1009 orang, meliputi sebanyak 36 orang dalam status pengawasan, 64 orang meninggal dunia, serta sebanyak 909 orang lainnya dinyatakan selesai alias Negatif Covid-19. [pin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar