Iklan Banner Sukun
Olahraga

Wushu Sumbangkan Medali Porprov Jatim VII Pertama untuk Jember

Jember (beritajatim.com) – Cabang olahraga wushu menyumbangkan medali pertama Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur VII untuk Kabupaten Jember. Medali jenis perunggu itu diraih oleh Rakay Nobel Ardiansyah di wushu taolu nomor chang quan putra.

Rakay berhasil mengalahkan sembilan atlet dari Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Kota Batu, dan Kota Malang dalam pertandingan di Balai Serba Guna Jember, Jumat (24/6/2022).

“Saya senang, tapi pertandingan belum selesai. Kami tetap berfokus pada target dua emas yang belum diperoleh,” kata manajer tim cabang olahraga wushu Jember, Lisa Meilinda.

Hingga berita ini ditulis, Jember sudah memperoleh satu medali perak dan tiga perunggu dari cabor wushu. Perak direbut Amelia Nayla Hakim untuk nomor chang quan putri. Selain Rakay, dua perunggu lainnya direbut Darlene Tatiana untuk nomor chang quan putri, dan Chelsea Maya Wijaya untuk nomor nan quan putri.

Jember menargetkan dua emas, satu perak, dan dua perunggu dari cabor wushu. “Sebenarnya ada empat nomor yang kami targetkan emas. Nan quan putri lepas dan hanya dapat perunggu. Tiga nomor sisanya adalah nomor pedang jianshu putri, duilian putra, dan duilian putri,” kata Lisa.

Penampilan para atlet wushu Jember yang turun hari ini menghadirkan optimisme. “Kalau sudah pertandingan, kembali ke anak-anak, bagaimana mereka bisa mengurangi nervous. Semangat juga tidak boleh terlalu besar agar tidak over. Atlet sendiri harus bisa mengendalikan diri, karena persiapan kami sudah semaksimal mungkin,” kata Lisa.

Kekuatan wushu di Jawa Timur sendiri menurut Lisa merata. “Masing-masing nomor punya jagoan berbeda-beda,” katanya.

Namun para atlet wushu Jember diuntungkan dengan dukungan penonton. “Dukungan penonton sangat berpengaruh. Kami sebagai tuan rumah punya keunggulan. Anak-anak tidak terbebani sebagai tuan rumah. Biasanya kan kadang terbebani. Tapi hari ini semua aman. Anak-anak bisa mengontrol dirinya dan justru bersemangat dengan penonton yang ramai,” kata Lisa. [wir/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar