Olahraga

Wolfgang Pikal Belum Bisa Dampingi Persebaya Berlaga, Ini Alasannya…

Wolfgang Pikal saat melatih di Lapangan Polda Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Meski Wolfgang Pikal sudah diperkenalkan melalui akun sosial media Persebaya sebagai pelatih kepala, namun hingga kini mantan assisten pelatih timnas Indonesia ini belum ada kejelasan terkait statusnya dari PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Akibatnya, pelatih asal Austria itu belum bisa mendampingi Persebaya saat berlaga.

Wolfgang Pikal mengutarakan alasan kenapa dirinya tak kunjung bisa mendampingi tim Persebaya, Ia menyebut ada dua. Yakni salah satunya masalah paspor. Oleh karena itu, ia belum mendapatkan surat izin dari Disnaker. “Izin yang dari Disnaker itu belum, soalnya paspor saya belum terima dari Kedutaan Austria,” kata Wolfgang Pikal, Sabtu 5 Oktober 2019.

Lebih lanjut, Pikal mengaku kendala itu membuatnya harus menunggu satu minggu lagi. Pasalnya, masih harus ada berkas yang harus dipenuhi oleh Pikal. “Mereka bilang butuh satu minggu lebih, sampai sekarang belum, mereka janji hari ini. Tapi hari ini belum, pasti hari Senin besok,” tambah Pikal.

Kendala kedua, Pikal harus mengurus paspor baru dan mengikuti proses panjang. Hal itu diminta supaya proses tersebut segera rampung dan statusnya di Persebaya segera mendapatkan kejelasan serta diakui oleh PT LIB. “Paspor harus available 18 bulan, tapi paspor saya hanya available 1 tahun sisanya. Kami perpanjang lagi paspornya, jadi bikin paspor baru,” ujar dia.

Wolfgang Pikal mengakui sudah mengajukan pembuatan paspor baru di Austrian Embassy yang ada di Jakarta. Namun, ia mengakui proses tersebut cukup lama dan ia harus sabar menunggu sampai benar-benar rampung. “Sudah minta ajukan (paspor baru) dua minggu lalu, tapi belum terima paspor baru,” imbuh mantan asisten pelatih Timnas Indonesia ini.

Dari proses yang sudah dijalani, Wolfgang Pikal optimistis bisa dampingi Persebaya Surabaya saat lawan Borneo FC di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat 11 Oktober 2019 mendatang. “Kepastian untuk paspor Senin katanya beres, habis itu sudah punya paspor harus dicap dengan pemerintah, tapi masih ada waktu hingga pertandingan hari Jumat. Masih ada empat sampai lima hari. Insyaallah bisa dampingi Persebaya,” ucap dia.[way/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar