Olahraga

Wolfgang Holzhäuser Usulkan Ide Perubahan Radikal Pada Format Bundesliga, Berikut Ini Rancangannya

Twitter @FCBayern

Surabaya (beritajatim.com) – Bundesliga merupakan liga teratas sepakbola negara Jerman. Liga ini dikenal sebagai liga yang kurang kompetitif lantaran dominasi klub Bayern Munchen. Beberapa tim telah berusaha untuk mengakhiri dominasi Bayern Munich di Bundesliga, namun tidak ada klub yang berhasil bersaing secara efektif guna memperebutkan gelar sejak musim 2012/13.

Hal itulah yang kemudian mendasari beberapa masukan guna melakukan perubahan potensial yang akan membuat Bundesliga lebih menarik dan kompetitif. Usulan menarik diungkapkan salah satunya oleh mantan CEO Bayer Leverkusen. Pria bernama Wolfgang Holzhäuser mengusulkan perubahan radikal format untuk membuat papan atas Liga Jerman lebih menarik bagi penggemar.

Pria yang kini telah berusia 71 tahun itu menyarankan jika musim reguler Bundesliga tetap berjalan seperti yang selama ini berlangsung. Namun saat liga akan berakhir, empat tim teratas harus berpartisipasi dalam playoff untuk menentukan juara.

Ide ini ia sampaikan melalui media sepakbola Jerman, Spox. Atas usul dirinya, empat tim teratas akan bermain di laga semifinal satu sama lain usai musim reguler Bundesliga berakhir. Tim yang memimpin klasemen akan bermain melawan tim peringkat keempat. Sementara tim yang berada pada posisi kedua akan melawan peringkat ketiga.

Pemenang dalam laga semifinal itu akan bermain pada laga puncak di final. Untuk tim yang kalah akan bertanding guna memperebutkan tempat ketiga. – Wolfgang Holzhauser Wolfgang Holzhauser mengaku jika klub elit Bundesliga seperti Bayern Munich mungkin tidak setuju dengan idenya. Namun dia tetap optimis bahwa perubahan format akan bermanfaat bagi semua klub baik secara finansial maupun dari segi olahraga.

Dirinya menyebut jika Bundesliga Powerhouses tidak akan setuju. Namun, itu semua untuk kebaikan semua klub, dan tidak bermaksud melakukan kudeta apapun bagi klub Bayern Munchen.

“Anda memang harus memberikan pendapat baru dan mendistribusikan kembali. Metode pembayaran yang menurun juga akan bagusm sehingga tim yang berada di posisi terbawah akan mendapat lebih banyak dan lima besar posisi klaseman lebih sediki,” tutur Wolfgang Holzhäuser

Ia pun menuturkan jika sepakbola dan penggemarnya memang terkenal konservatif karena kurang terbuka pada hal baru. “Tentu saja, akan ada masa saat Bayern Munchen lemah atau bernasib sial dengan banyak cedesa. Semoga klub lain di Jerman mampu mengambil manfaat dari kondisi itu,” tegas Wolfgang Holzhäuser demi patahkan dominasi Bayern. [dan/esd]

Apa Reaksi Anda?

Komentar