Olahraga

Puncak Peringatan Haornas 2021

Wabup Dorong Atlet Trenggalek Ukir Prestasi

Wakil Bupati (Wabup) Trenggalek Syah Muhammad Natanegara mengikuti puncak peringatan Haornas secara virtual di Gedung Smart Center

Trenggalek (beritajatim.com) – Wakil Bupati (Wabup) Trenggalek Syah Muhammad Natanegara mendorong atlet-atlet di wilayahnya bisa mengukir prestasi. Hal tersebut disampaikan Wabup dalam puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2021, kemarin.

Meskipun terkendala akan anggaran yang minim di tengah pandemi yang serba sulit, mantan aktivis kepemudaan ini berharap atlet-atlet didaerahnya bisa mengharumkan nama Trenggalek. Menurutnya, di beberapa cabang olahraga, Trenggalek mempunyai potensi atlet berpretasi.

“Harapannya olahraga di Trenggalek juga bisa punya prestasi. Meskipun dengan budged minimal tapi prestasinya bisa maksimal. Kita akan berupaya seperti itu, karena tidak mungkin ada kegiatan tanpa adanya pembiayaan,” ungkap wakil bupati muda ini usai mengikuti puncak peringatan Haornas secara virtual di Gedung Smart Center Trenggalek.

Peringatan Haornas tahun 2021 ini sendiri, digelar secara hybrid (langsung dan virtual). Mengusung tema “Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju”, diharapkan olahraga tanah air semakin maju dan berkembang.

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo meminta evaluasi total sistem olahraga nasional dengan mengeluarkan Perpres 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional. Disampaikan oleh Presiden ke-7 ini, prestasi olahraga tidak bisa lahir secara instan, melainkan melalui pembinaan secara berkelanjutan. Pembiayaan olahraga merupakan investasi jangka panjang.

Wakil Bupati (Wabup) Trenggalek Syah Muhammad Natanegara

Perpres 86 tahun 2021 tentang desain besar olahraga nasional akan menjadi payung hukum desain besar olahraga nasional. Pemerintah akan memberikan penghargaan terhadap atlet yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Selain itu tidak ada perbedaan atlet olimpik dan paralimpik. Kedudukan atlet ini sama, tidak dibedakan baik itu atlet difabel maupun atlet normal. Dalam kesempatan puncak peringatan Haornas tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pihak yang telah berprestasi di bidang olahraga.

Dalam kesempatan ini beberapa atlet berprestasi, pelatih, organisasi olahraga dan wartawan yang berkontribusi dalam perkembangan olahraga tanah air mendapatkan penghargaan dari pemerintah. Di antaranya Greysia Polii dan Apriyani Rahayu pasangan atlet bulu tangkis peraih emas olimpiade kemarin. [nm/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar