Iklan Banner Sukun
Olahraga

Vakum 2 Tahun, Pomprov Tarung Derajat Kembali Digelar untuk Persiapan Pomnas

Kejuaraan Pomprov Jatim cabang olahraga Tarung Derajat digelar tahun ini di Gedung Olahraga Pertamina Universitas Brawijaya, Malang.

Malang (beritajatim.com) – Setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19, Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (Pomprov) Jawa Timur cabang olahraga Tarung Derajat digelar tahun ini di Gedung Olahraga Pertamina Universitas Brawijaya, Minggu (27/3/2022).  Ajang ini untuk mengoptimalkan potensi mahasiswa.

Ketua Umum Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Jatim, Mu’arifin dan Ketua Umum Pengprov Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Jatim, Bambang Haryo Soekartono hadir dalam penutupan ajang bergengsi se Jatim ini.

“Yang pertama, memberikan wadah kepada mahasiswa untuk mengoptimalkan potensi olahraga yang dimilikinya, karena selama dua tahun ini vakum kejuaraan akibat pandemi Covid. Lalu yang kedua, mempersiapkan dan mencari atlet-atlet mahasiswa Jatim untuk disiapkan menyongsong Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2022 di Sumatera Barat dan Kota Padang,” kata Ketua Bapomi Jatim, Mu’arifin.

Mu’arifin mengatakan tujuan kejuaraan Tarung Derajat ini untuk menjaring atlet-atlet yang dipersiapkaan pada gelaran Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional pada November 2022 mendatang. Atlet mahasiswa se-Jawa Timur yang menang akan dilirik oleh Bapomi untuk bertanding di Pomnas.

“Ini sudah terlihat untuk tarung derajat potensialnya. Dan itu kami catat dan kami sandingkan dengan jagoan-jagoan dari pengurus provinsi dengan syarat adalah mahasiswa dan usia tidak lebih dari kelahiran tahun 1999,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Kodrat Jatim, Bambang Haryo Soekartono mengapresiasi penyelenggaraan Pomprov Jawa Timur I Tahun 2022 ini. Sebab, target pada ajang Pomnas mendatang adalah Jatim juara umum Tarung Derajat. “Saat ini, kami fokus mempersiapkan atlet untuk menghadapi Pomnas 2022. Karena target kami dalam Pomnas 2022, kontingen Jatim juara umum di cabor tarung derajat,” jelasnya.

Dirinya juga mengungkapkan, banyak atlet-atlet cabor tarung derajat yang berpotensi di Pomprov Jawa Timur I Tahun 2022. Mereka yang terpilih akan mengikuti pemusatan latihan sebelum berangkat ke Pomnas. “Saya melihat di Pomprov Jawa Timur I Tahun 2022 ini, begitu banyak atlet tarung derajat yang tingkatnya nasional,” katanya.

“Dan saya yakin, dengan pemolesan atlet dalam jangka waktu 3 bulan, saya kira akan lebih bagus. Oleh karena itu untuk menghadapi Pomnas 2022, kami akan lakukan pemusatan latihan. Dengan melakukan zonasi terlebih dahulu di Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Surabaya, setelah itu kami sentralisasi (kumpulkan),” tandasnya. [luc/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar