Olahraga

Usai Uji Coba, Fakhri Lakukan Evaluasi Timnas U-19

Cikarang (beritajatim.com) – Pelatih kepala Tim Nasional Indonesia U-19, Fakhri Husaini menilai masih ada evaluasi dari timnya, walau berhasil mengalahkan Barito Putera U-20 1-0, dalam laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (7/7/2019). Satu-satunya gol dalam pertandingan ini dicetak oleh Sutan Zico.

“Masih banyak hal yang menjadi evaluasi kami,” katanya, dikutip dari laman resmi PSSI. Menurut Fakhri, koordinasi David Maulana dan kawan-kawan dinilai belum optimal. “Terlepas dari hasil, laga uji coba ini untuk mengukur sejauh mana pemahaman mereka dengan latihan yang sudah diberikan oleh kami tim pelatih. Koordinasi yang saya maksud adalah kekompakan tim, bagaimana menyatukan para pemain agar menjadi satu tim,” sambungnya.

Laga ini terbilang cukup ketat, tim tamu, Barito Putera U-20 mengerahkan kekuatan penuhnya, mereka tidak mau anggap remeh lawannya yang lebih muda dari mereka itu. Sebaliknya, Garuda Muda tampil apik dengan racikan taktik dari Fakhri Husaini.

Tampil menekan pertahanan lawan sejak awal, anak-anak asuh Fakhri tak kunjung menjaringkan bola ke gawang Barito, mengharuskan babak pertama harus berakhir tanpa gol. Namun, skema serangan yang dibangun David Maulana dan kawan-kawan berjalan mulus. Hanya sesekali saja serangan bahaya dari lawan. Penguasaan bola dipegang oleh Garuda Muda.

Masuk babak kedua, Fakhri mengganti beberapa pemain. Hal tersebut terbukti ampuh, kaki-kaki pemain sebelumnya yang sudah kelelahan, tergantikan. Aliran serangan lebih deras lagi dilancarkan oleh pasukan Garuda Muda.

Sampai akhirnya, Sutan Zico menggetarkan jala gawang Barito Putera U-20. Melalui proses build up dari lini bertahan, Zico yang jeli membaca situasi pertahanan Barito, berhasil merebut bola dari pemain lawan, dia kemudian langsung menendang bola kearah gawang lawannya itu. 1-0 untuk keunggulan Garuda Muda.

Sekali lagi, Zico mendapatkan peluang emas lainnya, tetapi gagal dimanfaatkan. Memanfaatkan umpan silang Rendy Juliansyah, Zico melepaskan tembakan langsung tanpa kontrol. Sayang tendangannya itu masih melambung di atas mistar gawang.

Sejumlah peluang juga tercipta, namun organisasi pertahanan Barito cukup kokoh. Skor 1-0 bertahan hingga usai laga. Pertandingan ini merupakan laga uji coba pertama Indonesia U-19 sebelum tampil dalam Piala AFF U-18 2019, di Vietnam, Agustus mendatang. Sebelum kejuaraan ini, masih ada beberapa laga uji coba yang sudah dijadwalkan.

“Masih lokal, namun kami berharap bisa mendapatkan lawan dari luar negeri sebagai ajang uji coba Internasional,” tutup Fakhri. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar