Iklan Banner Sukun
Olahraga

Turnamen Futsal Asparagus se-Jatim Digelar di Lamongan

Turnamen Futsal Asparagus se Jatim yang digelar di LSC, Rabu (30/3/2022)

Lamongan (beritajatim.com) – Turnamen Futsal Asparagus (Aspirasi Para Lora dan Gus) se-Jawa Timur digelar di Lamongan Sport Center (LSC), Rabu (30/3/2022). Dalam turnamen ini, para Gus yang berasal dari 24 pondok pesantren se-Jawa Timur beradu ketangkasan dalam memainkan bola Futsal.

Salah satu pendiri Asparagus, Gus Maksum Faqih mengatakan, turnamen ini sengaja digelar sebagai ajang untuk menyalurkan bakat dan potensi lain yang dimiliki. Selain itu, turnamen ini juga terlaksana untuk menjaga tali silaturahim antar Gus.

“Ini turnamen futsal pertama yang kita gelar. Pemainnya ini semua adalah para Gus-Gus, para pemangku pondok dari 24 pondok pesantren,” ujar Pengasuh Pondok Pesantren Langitan, Tuban ini.

Dipilihnya futsal sebagai olahraga yang dipertandingkan, karena futsal dinilai paling cocok dan banyak digandrungi oleh para Gus daripada cabang olahraga lainnya. “Futsal ini dinamis, mungkin semua bisa main. Kalau (sepakbola) lapangan besar. mungkin banyak yang gak bisa, karena di pondok itu olahraganya tidak tiap hari, jadi futsal ini alternatif yang cocok untuk para gus-gus,” terangnya.

Gus Maksum menambahkan, dipilihnya Lamongan sebagai tuan rumah Turnamen Futsal Asparagus se-Jatim ini karena faktor kedekatan Pondok Langitan dengan Kabupaten Lamongan. “Historinya panjang. Pondok Pesantren Langitan dan Lamongan ini sudah seperti satu rumpun. Alhamdulillah, Pak Bupati juga mensuport. Inilah yang membuat kami, Asparagus, merasa luar biasa untuk datang ke Lamongan,” jelasnya.

Tak cukup itu, lanjut Gus Maksum, Lamongan juga dipercaya paling aman dan paling cepat dalam pengendalian covid-19. “Kita percaya Lamongan mulai dari dulu penurunan level Covidnya paling pertama. Lamongan ini aman insya Allah,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi yang hadir dalam kesempatan ini mengatakan bahwa, menjadi tuan rumah Turnamen Futsal Asparagus se-Jatim merupakan sebuah kehormatan tersendiri bagi Lamongan.

“Kami sangat senang menjadi tuan rumah futsal Asparagus se-Jatim. Kalau mau dikembangkan tingkat nasional, kami juga siap menjadi tuan rumah. Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan aura, semangat, membangkitkan dan menggairahkan kegiatan olahraga di Lamongan,” ujar Bupati Yuhronur.

Lebih lanjut, Bupati yang disapa Bupati YES ini mengharapkan, bahwa Turnamen Futsal Asparagus ini akan semakin memperkenalkan Lamongan ke seluruh Jawa Timur. Bahkan, bisa menjadikan Persela Bangkit kembali.

“Semoga kegiatan ini mampu men-support seluruh cabor yang ada di Kabupaten Lamongan, lebih-lebih mendorong kegiatan yang berhubungan dengan olahraga futsal maupun sepakbola, Persela khususnya,” harapnya.

Sekadar diketahui, Asparagus adalah singkatan dari Aspirasi Para Lora (putra kiai di Madura) dan Gus (putra pengasuh pesantren di wilayah Jawa, khususnya Jawa Timur dan Jawa Tengah), yang sengaja dibentuk sebagai media silaturahim dan komunikasi para putra-putra pengasuh pesantren. [riq/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar