Olahraga

Timnas Wanita Indonesia Agendakan 5 Laga Uji Coba, Ini Jadwalnya

Sleman (beritajatim.com) – Tim nasional wanita Indonesia masih melanjutkan seleksi akhir dan pemusatan latihan di Sleman, Yogyakarta. Dalam pemusatan latihan ini, skuat Garuda Pertiwi pun berpindah tempat dalam penyelenggaraannya. Timnas Wanita yang sebelumnya menggelar pemusatan latihan di Stadion Tridadi dan Lapangan UNY pada 21-29 Juni 2019, kini berpindah ke daerah Kaliurang, Sleman, Yogyakarta.

Pelatih Kepala Timnas Wanita, Rully Nere mengatakan, pemindahan tempat pemusatan latihan ke daerah yang lebih sejuk dan tinggi memang sengaja dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Adapun pertimbangan utamanya agar setiap pemain akan jauh lebih fokus di daerah yang jauh dari keramaian kota, apalagi presentasi latihan akan berimbang yakni fisik dan taktik.

“Pemusatan Timnas sebelumnya kami gelar di stadion Tridadi dan Lapangan UNY, 2 minggu awal kami persiapkan fisik anak-anak. Di pekan yang baru ini memang kami sengaja berpindah ke daerah tinggi, karena ada beberapa pemantapan latihan lagi menyangkut fisik pemain,” ungkap Rully seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (1/7/2019).

Rully menambahkan, pemindahan juga menyangkut fasilitas pendukung yang bisa memaksimalkan seleksi dan pemusatan latihan yang tengah berlangsung. “Semakin hari intensitas latihan akan semakin meningkat, maka diperlukan juga fasilitas pendukung lainnya. Selain udara yang sejuk yang bagus untuk pernafasan, di sini para pemain juga menjaga kondisi mereka masing-masing dengan fasilitas pendukung lainnya, mulai dari penunjang untuk menjaga kondisi fisik bersama tim dan pribadi maupun recovery,” tutupnya

Untuk mempersiapkan kondisi para pemain, akan ada pula latihan kombinasi kondisi fisik di alam terbuka, yakni lari lintas alam atau cross country yang akan diselenggarakan. Pelatih kiper Timnas Wanita, Haryono menambahkan hal ini penting dilakukan, bukan hanya bagi kiper namun semua pemain.

“Dua pekan terakhir memang kami fokuskan untuk pembenahan fisik setiap pemain, tidak ada perbedaan pola latihan, namun pembentukkan fisik ini sangat perlu karena selepas hari raya Idul Fitri, tanpa kompetisi dan tanpa latihan di klub, fisik pemain pasti menurun. Lari lintas alam penting bagi pemain, minimal 30-35 menit,” ungkapnya

Hal ini senada dengan pelatih Fisik Timnas Wanita, Sofie Imam Faizal. Sofie menambahkan, lari lintas alam atau cross country yang dilakukan nanti akan menjadi program pelengkap dalam mempertahankan kondisi fisik pemain.

“Development aerobic atau pembentukan fisik serta aerobic capacity atau daya tahan kardiovaskuler dan strenght atau kekuatan sudah dilakukan dipekan sebelumnya. Lari lintas alam atau cross country ini sebagai variasi, untuk membangun kekuatan dan stamina setiap pemain ketika tidak berlatih dengan bola,” tutupnya

Setelah melakukan semua hal tersebut, skuat Garuda Pertiwi pun akan merampungkan 5 kali uji coba, dimana 1 pertandingan akan menghadapi tim putri dan 4 laga lainnya akan menghadapi tim putra U-15. “Dua pekan awal pemusatan latihan memang lebih dititikberatkan pada latihan fisik, sedikit principal of play atau prinsip bermain dan organisasi permainan. Namun pekan ini pemusatan latihan akan berfokus pada taktikal. Uji coba perdana nanti akan menghadapi tim Asprov DIY, tujuannya tak lain untuk menguji organisasi permainan yang sudah ditanamkan kepada pemain,” ungkap Asisten Pelatih Timnas Wanita, Yopie Riwoe.

Yopie menambahkan terkait 4 laga kontra tim putra dengan rentang usia 15, dirinya mengaku hal tersebut disesuaikan dengan kekuatan tim yang akan dihadapi nanti. “Tidak mungkin mencari tim wanita di Indonesia yang kekuatannya setara dengan timnas, karena belum ada kompetisi berkesinambungan yang berpengaruh pada kualitas pemain,” ungkap Yopie.

“Jika menghadapi pria, meski rentang u15, sebenarnya hal ini setara seperti kekuatan tim sepak bola wanita di negara lainnya. Kekuatan antara pria dan wanita menyangkut skill, kecepatan dan kekuatan tidaklah sama, pria jauh lebih siap di usia muda. Dengan lawan seperti ini, tujuannya untuk melatih mereka agar supaya berani saat duel-duel. Fisik yang sudah dibentuk harus diuji pada rangkaian uji coba ini,” sambungnya.

Skuat Garuda Pertiwi akan menetap di daerah Kaliurang, Sleman, Yogyakarta dari 30 Juni – 29 Juli 2019 untuk pemantapan latihan tim. Timnas Wanita akan bertolak ke Jakarta pada 29 Juli – 4 Agustus 2019 dan melanjutkan perjalanan ke Chonburi, Thailand pada 5 Agustus 2019. [suf]

LAGA UJICOBA VS TIMNAS WANITA SENIOR

Minggu, 7 Juli 2019, 15.30 WIB

Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

vs DIY Putri

Minggu, 14 Juli 2019, 15.30 WIB

Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

vs Astara Sleman Putra U-15

Sabtu, 20 Juli 2019, 15.30 WIB

Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

vs Sleman Putra U-15

Rabu, 24 Juli 2019, 15.30 WIB

Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

vs Baturetno Bantul Putra U-15

Sabtu, 27 Juli 2019, 15.30 WIB

Lapangan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

vs Raga Putra Menoreh Kulon Progo Putra U-15

Apa Reaksi Anda?

Komentar