Iklan Banner Sukun
Olahraga

Timnas U-19 Kontra Brunei, Ini Kata Eks Kapten Timnas Indonesia

Surabaya (beritajatim.com) – Timnas Indonesia U-19 akan berhadapan dengan Timnas Brunei Darussalam U-19 di partai kedua mereka di Grup A Piala AFF U-19 2022 pada hari Senin (4/07/2022). Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, di mulai pukul 20.00 WIB.

Charis Yulianto, eks punggawa timnas Indonesia asal Malang melihat secara kualitas individu pemain, dan permainan, sebagai tuan rumah harusnya timnas bisa memenangkan pertandingan ini. Apalagi mental pemain Brunnei sedang tidak stabil usai dibantai Myanmar.

“Secara mental dan psikis pemain Brunnei sangat terganggu dan ini yg harus dimanfaatkan oleh timnas Indonesia U-19. Hal paling penting para pemain timnas jangan over confidence. Bermain menyerang tanpa melupakan pertahanan dan saya yakin coach Sin sudah menyiapkan taktik menghadapi Brunei,” terang Charis Yulianto kepada beritajatim.com, Senin (4/7/2022).

Pada laga pertama hasil kurang memuaskan didapat timnas Indonesia, usai bermain imbang 0-0 kontra Vietnam. Sementara, Brunei dibabat habis Myanmar 0-7. Dan pada pertandingan lain Grup, Thailand unggul tipis saat menjamu Filipina dengan 1-0.

Myanmar dan Thailand kini punya koleksi poin yang sama yaitu 3 poin. Disusul Vietnam dan Indonesia berkat raihan 1 poin, sementara Filipina dan Brunei masih belum memperoleh poin.

Di partai kedua Grup A hari ini, selain Indonesia kontra Brunei, akan ada laga Vietnam berhadapan dengan Filipina, dan Myanmar melawan Thailand. Hanya akan ada dua tim teratas di Grup A dan Grup B yang melaju ke fase gugur. Untuk menjaga asa, ketika melawan Brunei, anak-anak racikan coach Shin Tae-yong harus mampu meraih poin penuh.

Di atas kertas, Brunei merupakan tim terlemah di Grup A. Hal itu dapat terlihat dari pertandingan pertama, di mana mereka dibantai habis oleh Myanmar tujuh gol tanpa balas.

Timnas Indonesia U-19 dituntut untuk dapat melakukan hal yang sama. Bahkan jika bisa, mereka bisa mengalahkan Brunei dengan skor lebih besar ketimbang Myanmar.

Kemenangan besar menjadi hal sangat penting untuk Timnas Indonesia U-19. Sebab, Piala AFF U-19 2022 mengutamakan selisih gol daripada hanya rekor pertemuan.

Dari segi perkiraan strategi timnas Indonesia U-19 masih akan menggunakan takik 3-5-2 ala Shin Tae-yong. Dengan susuna kesebelasan pertama sebagai berikut: Cahya Supriadi di posisi kiper; Ahmad Rusadi, Kakang Rudianto, Marcell Januar, di lini belakang; Alfriyanto Nico, Arkhan Fikri, Dimas Juliono, Marselino Ferdinan, Subhan Fajri sisi tengah; Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka pada sisi penyerangan.

Sementara timnas Brunei Darussalam U-19 akan menerapkan formasi 4-5-1. Susunan pemain sebelas pertama asuhan Faizalani Abd Ghani sebagai berikut: Mohammad Riyan sebagai penjaga gawang; Maverick Lim Soon Heng, Mohd Hadif Mansur, Mohammad Hirman, Syahemul Affendy, di sektor pertahanan; Wafiq Danish, Eddy Shahrol, Idzzaham Aleshahmezan, Hakeme Yazid, Ali Munawwar, di lini tengah; dan striker tunggal masih milik Muhammad Bazli. (dan/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar