Olahraga

Timnas Indonesia U-19 Kedatangan Des Walker

Cikarang (beritajatim.com) – Tim Nasional Indonesia U-19 asuhan pelatih kepala Fakhri Husaini, mendapatkan kunjungan dari Des Walker, yang notabene adalah pelatih beberapa pemain saat program Garuda Select. Des datang bersama Wesley Peter (Chief Scout Crystal Palace) dan seorang perwakilan dari SuperSoccer TV ke Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (4/7/2019).

Saat itu, 33 pemain yang sejak tanggal 1 Juli 2019 berlatih, sedang bermain di setengah lapangan, dan beberapa lainnya berlatih fisik. Menurut pengakuannya, dia datang untuk melihat perkembangan pemain yang sebelumnya dilatih olehnya pada program Garuda Select di Inggris. “Selain itu juga, saya rindu dengan mereka,” candanya, dikutip dari laman resmi PSSI.

Ditambahkan olehnya, saat duduk di atas tribun Stadion melihat pemain, dirinya tampak antusias. “Saya melihat kemampuan anak-anak tidak berubah, malahan semakin baik. Tadi juga saya bicara dengan coach Fakhri mengenai anak-anak, saya senang mereka bisa dilatih oleh salah satu pelatih terbaik,” tutur Des.

Disinggung mengenai tujuan kedatangan Wesley, dia mengatakan hal yang tak terduga. “Wesley datang sebagai bagian dari scouting team (tim pencari bakat) Crystal Palace, ya mungkin saja nanti dia melihat ada pemain yang diminatinya,” kata Des Walker.

Selain melihat perkembangan para pemain Garuda Select sebelumnya, kedatangan Des Walker ternyata ingin memberikan sesuatu untuk alumni Garuda Select.

“Saya ingin memberikan sertifikat kursus kepelatihan yang dijalani anak-anak selama program Garuda Select kemarin di Inggris. Sertifikat ini dikeluarkan langsung oleh FA (Football Association) Inggris. Penting bagi anak-anak, mengetahui sepak bola lebih luas lagi, dengan menjadi pelatih, sertifikat ini bisa menjadi pegangan bagi mereka untuk melangkah kedepannya nanti. Semua itu tergantung dari pilihan yang akan mereka ambil di kemudian hari,” jelasnya.

Mengenai kedatangan Des Walker pada pemusatan latihan timnya, Fakhri Husaini menyampaikan pandangannya. “Tentu saya senang, ini berarti mereka masih punya perhatian khusus kepada anak-anak yang dahulu dilatih olehnya di tim Garuda Select,” kata Fakhri.

“Dan benar tadi apa yang kami bicarakan, anak-anak menunjukkan tren perkembangan positif. Saya juga apresiasi FA Inggris bisa memberikan kursus pelatih kepada anak-anak dan memberikan sertifikat kepada mereka.”

“Asalkan saat ini fokus mereka bermain bola, bukan untuk melatih,” selorohnya seraya menutup latihan.

Tim Nasional Indonesia U-19 tergabung dalam Grup A kejuaraan Piala AFF U-18 yang akan berlangsung di Vietnam dari tanggal 4 hingga 19 Agustus 2019. Saat ini, tim asuhan pelatih kepala Fakhri Husaini sedang melakukan pemusatan latihan hingga 2 Agustus 2019. Selain itu, tim ini juga disiapkan untuk menyongsong Kualifikasi Piala Asia U-19 2020, September/Oktober mendatang. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar