Iklan Banner Sukun
Olahraga

Tim Selam Kabupaten Pasuruan Borong Empat Emas di Porprov Jatim VII

Penyerahan medali atlet selam porprov bersama ketua koni lumajang dan wakil bupati Lumajang

 

Lumajang (beritajatim.com) – Kabupaten Pasuruan berjaya di hari pertama cabang olahraga selam yang dilombakan pada Senin (27/6/2022) di Kolam Renang Veteran, Lumajang.

Turun di empat nomor yang dilombakan, atlet-atlet Kabupaten Pasuruan menyabet empat medali emas dari delapan nomor yang dilombakan.

Keempat emas Kabupaten Pasuruan ditorehkan di nomor 100m Bifin putri atas nama Indah, 4x100m Estafet Bifin putra, 4x100m Estafet Bifin putri, dan 400m Surface putri atas nama Maritza Aiko.

Sementara empat emas lainnya tersebar merata di empat kabupaten dan kota lain, dengan rincian; 1 medali emas diraih Kabupaten Lumajang atas nama Rizqi Hidayatullah yang turun di nomor 400 meter Surface putra, Dimas Putra Wirananda asal Kota Kediri (100m Bifin putra), M. Amrullah Alfarizi dari Kota Surabaya (100m Surface putra) dan Zerlina Putri Najwa Mazanda asal Kabupaten Malang (100m Surface putri).

Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jatim, Mirza Muttaqin, sangat mengapresiasi pembinaan yang dilakukan daerah.

“Artinya, pembinaan di tingkat kabupaten/kota kini sudah cukup bagus. Sehingga perolehan medali di hari pertama ini relatif merata. Apalagi, dengan kemunculan atlet-atlet Kabupaten Pasuruan yang tampil luar biasa di hari pertama ini,” terang Mirza.

Ia meyakini, dengan meratanya pembinaan dan pembibitan yang dilakukan daerah, Pengprov POSSI Jatim akan semakin mudah mendapatkan atlet-atlet berkualitas yang akan memperkuat sekaligus mengharumkan Jatim di kancah nasional, dan Indonesia di tingkat internasional.

“Saya rasa ini sudah sejalan dengan jargon KONI Jatim ‘Dari Jawa Timur Menuju Prestasi Dunia’. Kami harap, ke depan kami akan memiliki atlet-atlet hebat dari berbagai daerah di Jatim, yang nantinya mampu menorehkan prestasi dunia,” terang Mirza.

Penyerahan medali atlet selam porprov bersama ketua koni lumajang dan wakil bupati Lumajang

Lebih lanjut Mirza mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang selama ini memberikan perhatian besar kepada olahraga di Jatim. Ia pun optimistis, dengan semangat besar yang dimiliki gubernur, Jatim akan berjaya di PON 2024 mendatang.

Meski baru memasuki hari pertama, sudah ada enam pecah rekor Porprov di cabor selam. Pecah rekor terjadi di nomor 4x100m Estafet Bifin putri atas nama Regu Kabupaten Pasuruan dengan membukukan waktu 3 menit 35,39 detik.

Mereka memecahkan rekor atas nama mereka sendiri yang mereka torehkan pada Porprov VI di Gresik. Pecah rekor baru juga terjadi di nomor 100m Surface putri atas nama Zerlina Putri Najwa Mazanda setelah mencatatkan waktu 44,84 detik. Ia memecahkan rekor milik Andhini Muthia Maulida (47,80 detik) di Porprov Banyuwangi.

Juga ada M. Amrullah Alfarizi (39,33 detik) yang memecahkan rekor milik Renaldo Sudikdo (40,33 detik) di Porprov Gresik. Sementara itu, atlet selam Kabupaten Pasuruan, Indah, memecahkan rekor atas namanya sendiri lewat catatan waktu 51,48 detik (52,65 di Porprov Gresik).
Dua pecah rekor lainnya dibuat oleh Maritza Aiko dan Rizqi Hidayatullah.

Maritzka menorehkan waktu 3 menit 44,67 detik. Ia memecahkan rekor milik Pramita Kusuma Larasati (3 menit 50,05 detik di Porprov Gresik). Sedangkan Rizqi memecahkan rekornya sendiri lewat catatan waktu 3 menit 23,78 detik (3 menit 26,64 detik di Porprov Gresik).(way/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar