Iklan Banner Sukun
Olahraga

The Yellow Submarine: 4 Fakta dari Villareal yang Jarang Diketahui

Ilustrasi Villareal (Tangkapan Layar Instagram @villarrealcf)

Surabaya (beritajatim.com) – Villarreal belakangan ini banyak menjadi pembicaraan banyak pihak. Klub yang berstatus sebagai juara bertahan UEL itu mengguncang dunia sepakbola usai menekuk raksasa Italia, Juventus dengan skor telak 3 gol tanpa balas pada di leg kedua babak 16 besar UCL 2021/22. Menariknya kemenangan Villarreal terjadi di depan publik kota Turin atau markas dari Juventus.

Gol yang dilesatkan Gerard Moreno di menit 78 memantik semangat skuad asuhan Unai Emery tersebut guna melaju ke Quarter Final UEFA Champions League. Selain kehebatan itu, klub berjuluk The Yellow Submarine ini punya 4 fakta yang belum banyak diketahui orang. Berikut ini ulasannya.

Jumlah Penduduk yang Sangat Sedikit

Klub Villareal ternyata berbasis di kota yang hanya berpenghuni sekitar 50.000 orang. Bahkan jumlah seluruh kota markas Villarreal tak bisa memenuhi kursi Old Trafford, masih bisa tersisa sekitar 25.000 tempat duduk. Sejalan dengan kepadatan penduduk, Stadion Villarreal, Estadio de la Cerámica pun berkapasitas kecil, hanya muat 25.000 orang saja.

Asal Usul dari Warna Kuning

Mulanya, jersey Villarreal berwarna putih-hitam. Lalu di tahun 1947 putra presiden Villarreal kala itu ditugaskan berbelanja seragam pemain. Namun ketika di toko, satu-satunya set seragam yang tersisa kebetulan warna kuning. Para pemain yang menyukai warna itu pun memutuskan untuk sekalian mengganti warna celana menjadi biru. Lalu di tahun 2003 sampai setelahnya mereka beralih ke jersey kuning sepenuhnya.

Julukan Yellow Submarine

Di tahun 1967, teknologi pemutar rekaman tenaga baterai sudah ada di Villarreal. Dari peristiwa itu, sekelompok penggemar klub acapkali menyetel band legend dari asal Inggris, The Beatles.

Lagu yang berjudul “Yellow Submarine” menjadi favorit mereka. Hingga memakai lagu tersebut untuk nyanyian dukungan berbahasa Spanyol. Mulai dari itu Villarreal mulai dijuluki sebagai klub The Yellow Submarine atau dalam bahasa spanyol El Submarino Amarillo.

Keuangan Sehat

Villarreal mampu mengelola pemasukan dan pengeluaran dengan begitu hati-hati. Hasilnya kondisi finansial klub pun cenderung stabil dari tahun ke tahun untuk berkompetisi di La Liga. Komitmen Villareal untuk mengembangkan pemain muda diimbangi dengan kebijakan transfer dan peminjaman yang sukses menjadi cara manajemen untuk mengatur keuangan.

Tidak banyak yang tahu, itulah beberapa fakta menarik dari Villareal yang bisa dibilang cukup sukses pada ajang UCL musim ini. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar