Iklan Banner Sukun
Olahraga

Tes Fisik Pemain Persebaya, VO2MAX Supriadi Tertinggi

Januar Eka, pemain persebaya usai mencetak gol ke gawang Persis Solo

Surabaya (beritajatim.com) – Usai gelar pertandingan ujicoba, tim pelatih fisik Persebaya menggenjot tes VO2MAX kepada pemain Persebaya, Rabu (25/3/2022) di Lapangan Sier, Surabaya.

Pelatih Fisik Persebaya, Muhammad Alimudin mengatakan tes fisik ini baru pertama kembali dilakukan usai pertandingan Persebaya melawan Persis Solo. Tes VO2MAX pemain dilakukan untuk persiapan turnamen pra musim Piala Presiden.

Pelatih yang disapa Ali ini mengatakan untuk pemain lawas menunjukkan banyak peningkatan. Sayap kanan muda Persebaya, Supriadi, memiliki hasil VO2MAX tertinggi dengan yakni 61,7 disusul Ahmad Noviandani dan Alwi Slamat dengan 61,4.

“Jadi pemain musim lalu ada peningkatan fisik. Dari hasil tes awal fisik ini, Supri yang paling tinggi dengan hasil 61,7, sedangkan untuk pemain baru ada Noviandani dengan hasil 61,4. Jadi dari tes fisik ini kita akan tahu bagaimana kondisi pemain karena semakin panjang persiapan semakin bagus untuk kondisi fisik pemain,” ungkap Ali.

Lebih lanjut dikatakan Ali, standarisasi melakukan tes VO2MAX ini harusnya dilakukan setiap satu minggu sebelum kompetisi resmi atau tergantung permintaan pelatih kepala bagaimana program yang diberikan. “Biasanya tes seperti ini dilakukan satu minggu sebelum kompetisi atau turnamen tapi balik lagi bagaiaman program pelatih yang akan diberikan kepada tim,” imbuhnya.

Tes fisik VO2MAX ini sederhananya memang sangat dibutuhkan para pemain bola, dari tes fisik ini bisa mengukur bagiamana kualitas fisik jika bermain selama 90 menit di lapangan, semakin tinggi hasil vo2max akan semakin bagus kualitas fisiknya dan daya tahan tubuhnya ketika bermain. Namun, ada perbedaan untuk masing-masing posisi pemain. Seperti posisi Defender, standar hasilnya minimal 56-60-, Mildfilder 63-67 dan penyerang 57-61.

“Jadi ada standartnya masing-masing setiap pemain, sesuai dengan posisinya dan jika memang ingin memiliki hasil vo2max yang sesuai dengan standart ada beberapa hal yang harus dijaga mulai dari nutrisi, pola istirahat dan pola makan karena sebagian besar dipengaruhi dari itu,” tutupnya. (way/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar