Iklan Banner Sukun
Olahraga

Termasuk Ronaldo, Berikut Ini Daftar Pemain Termuda yang Masuk Nominasi Ballon d’Or

(Foto: Instagram, @francefootball)

Surabaya (beritajatim.com) – Penghargaan individual paling bergengsi pemain sepakbola yaitu Ballon d’Or telah berlangsung sejak sekian tahun. Dari banyaknya pemain yang masuk nominasi, ada saja nama pemain muda alias wonderkid di dalamnya. Berikut ini daftar pemain termuda yang pernah masuk nominasi Ballon d’Or abad ke-21.

Neymar Junior 19 Tahun dan 339 Hari

Terkenal di Santos pada 2009 saat melakukan debut profesional di usia 17 tahun. Lalu dua tahun berselang Neymar meraih gelar Copa Libertadores pertama dalam 48 tahun untuk klubnya.

Neymar pun terpilih dalam daftar 23 pemain untuk Ballon d’Or tahun itu, dan dia menjadi satu-satunya yang bermain di luar Eropa. Meski saat itu Neymar hanya berada pada urutan ke-10 dalam edisi tahun 2011.

Cristiano Ronaldo 19 Tahun 313 Hari

Ronaldo menjadi sorotan usai pindah ke Manchester United di musim 2003/04 dengan biaya sebesar 12 juta pounds dari Sporting CP. Tak lama kemudian, Ronaldo terpilih masuk tim Portugal untuk Euro 2004.

Keberhasilannya membantu Portugal mencapai final berkat dua gol dan dua assist membautnya dapat banyak perhatian. Penampilan Ronaldo untuk klub dan negara pembuatnya masuk nominasi Ballon d’Or 2004. Saat itu, CR7 berada di urutan ke-12.

Lionel Messi 19 Tahun 157 Hari

Masuk tim senior Barcelona pada musim 2005/06, meski telah melakukan debutnya pada musim sebelumnya. Messi mencetak delapan gol dan lima assist dalam 25 penampilan di semua kompetisi serta meraih gelar La Liga juga Liga Champions.

Messi masuk nominasi Ballon d’Or tahun 2006, namun Messi hanya mampu berada di urutan ke-20. Messi akhirnya meraih penghargaan Bola Emas pertama pada tahun 2009.

Wayne Rooney 19 Tahun 51 Hari

Rooney adalah salah satu pemain muda bersama Cristiano Ronaldo yang dinominasikan untuk penghargaan Ballon d’Or 2004. Kendati hanya berada pada posisi ke-8. Penampilan Rooney di Euro 2004 dimana yang mampu mencetak empat gol dan satu assist sebelum Inggris tersingkir oleh Portugal di perempat final menyedot perhatian.

Kylian Mbappe 18 Tahun 353 Hari

Mbappe mulai dikenal pada tahun 2017 di AS Monaco dengan torehan 40 gol (26 gol dan 14 assist) dengan hanya 44 penampilan. Kala itu Mbappe memenangkan gelar Ligue Mengalahkan PSG yang bertabur bintang.

Saat masuk nominasi tahun 2017, Mbappe berada di urutan ketujuh. Mbappe adalah pemain termuda yang mencetak 18 gol berturut-turut, sekaligus pemain termuda di lima liga top Eropa yang mencetak setidaknya 14 gol liga dalam satu musim di abad ke-21.

Pemain-pemain itulah yang telah menunjukkan sinar gemilang bahkan pada saat usianya masih sangat muda. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati