Olahraga

Termasuk Real Madrid dan Barcelona, Berikut Klub Peraih Trofi Piala Dunia Antarklub Terbanyak

(Sumber foto: Tangkapan Layar Instagram @fantastifootball)

Surabaya (beritajatim.com) – Piala Dunia antar klub adalah ajang yang mempertemukan juara Liga Champions di Eropa, Asia, Amerika Selatan, CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia), dan Oseania. Pesta paling akbar sepak bola antar klub belahan dunia tersebut pertama kali dilangsungkan oleh FIFA pada tahun 2000.

Cikal bakal dari turnamen itu sendiri adalah Piala Interkontinental yang hanya mempertemukan juara Liga Champions Eropa melawan pemenang Copa Libertadores Piala Interkontinental yang pertama terlaksana pada 1960 namun tidak diselenggarakan oleh FIFA, melainkan UEFA (Federasi Eropa) dan Conmebol (Amerika Selatan).

Piala Interkontinental lalu berubah menjadi Piala Toyota di tahun 1980 yang selalu terlaksana di Jepang. Perubahan nama dan tuan rumah ini disebabkan oleh kepentingan sponsor.

FIFA sebagai induk organisasi sepak bola dunia kemudian melangsungkan Kejuaraan Dunia Antarklub perdananya di tahun 2000. Pada edisi perdana, FIFA mengundang juara Piala Toyota untuk menjadi salah satu peserta.

Corinthians keluar sebagai kampiun edisi perdana Piala Dunia Antarklub usai setelah mengalahkan Vasco da Gama melalui babak adu penalti. Dalam perjalanan sejarah itu, Kejuaraan Dunia Antarklub sempat beku sejak tahun 2001 hingga 2004 akibat didera berbagai hal, termasuk akibat kebarngkrutan sponsor utama, International Sport and Leisure.

Saat Kejuaraan Dunia Antarklub mati suri, Piala Toyota masih berjalan semestinya. Namun, tahun 2005, kedua turnamen itu melebur menjadi Piala Dunia Antarklub FIFA hingga saat ini berlangsung. Sejak saat itu, sudah beberapa klub besar berhasil menjuarai trofi bergengsi. Berikut adalah klub-klub tersebut

Real Madrid

Real Madrid adalah klub dengan trofi Piala Dunia Antarklub terbanyak. Raksasa Spanyol yang berjuluk Los Blancos itu sudah menjuarai kompetisi ini sebanyak 4 kali, yakni pada edisi 2014, 2016, 2017, dan 2018.

FC Barcelona

Rival abadi Real Madrid, FC Barcelona menempati urutan kedua soal pencapain trofi ini. Blaugrana telah berhasil menjuarai Piala Dunia Antarklub dalam 3 kesempatan, yakni pada edisi 2009, 2011, dan 2015.

FC Bayern Munchen

Bayern begitu digdaya beberapa tahun belakang ini. Klub dari Jerman tersebut juga telah meraih trofi Piala Dunia Antarklub sebanyak 1 kali. Momen bersejarah tersebut terjadi pada tahun 2013. The Bavarians lalu menjadi juara kembali pada Piala Dunia Antarklub edisi tahun 2020.

Corinthians

Klub dari Brasil ini berhasil menjadi juara kompetisi ini untuk pertama kalinya di tahun 2000, saat masih belum melebur dengan Toyota. Kemudian, mereka mengulangi kesuksesan itu di tahun 2012.

Tahun 2021 Piala Dunia Antarklub akan kembali digelar. Ada Chelsea asuhan Thomas Tuchel yang favorit menjadi juara edisi ini. (dan/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar