Olahraga

Terdampak Karhutla, 4 Tim Balap Sepeda Tour De Banyuwangi Ijen Tertahan di Pekanbaru

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Pekanbaru, berimbas pada persiapan jelang pelaksanaan balap sepeda bertajuk International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019. Pasalnya, ada sejumlah tim peserta yang tertahan akibat tidak dapat melanjutkan perjalanan menuju Banyuwangi.

“Kebetulan Tour de Siak sudah selesai, dan kebetulan juga ada musibah alam terjadi ini, ada empat tim yang tidak bisa terbang sore ini. Tapi kita carikan solusi baik dari panitia Tour de Siak maupun Tour de Banyuwangi Ijen telah mengurus yang terbaik untukĀ  tim-tim itu,” kata Director ITdBI 2019, Jamaluddin Mahmood, Senin (23/9/2019).

Atas kondisi ini, kata Jamal, tim tersebut dipastikan terlambat dalam mengikuti persiapan menuju balapan berikutnya. “Kemungkinan besar mereka dibawa ke mana-mana, ke bandara terdekat dan Insyaallah mereka malamnya baru bisa sampai ke Banyuwangi ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Head Of Secretary Tour de Banyuwangi Ijen 2019, Udianto mengatakan, empat tim yang tertahan tersebut di antaranya, BSB Siak, Kinan Cycling Team (Jepang), KFC Cycling Team, Global Cycling Team (Philipina).

“Kita sudah usahakan untuk mencari solusi bagi mereka agat bisa datang dan mengikuti balapan pada 25 September mendatang,” katanya.

TDBI 2019 akan dilaksanakan dalam empat etape dengan total lintasan sepanjang 520,6 KM. Di stage pertama, para rider akan menempuh lintasan sejauh 133,2 KM diawali dari RTH Maron Kecamatan Genteng menuju finish di depan Kantor Pemkab Banyuwangi.

Etape kedua menyusuri rute sepanjang 148,2 KM dari pantai Pancur di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kecamatan Tegaldlimo menuju finish di depan Kantor Pemkab Banyuwangi. Di etape ketiga, pembalap akan melakukan circuit race sejauh 109,3 KM dengan start dan finish di depan Kantor Pemkab Banyuwangi. Mereka akan mengelilingi wilayah perkotaan Banyuwangi sebanyak 12 putaran.

Selanjutnya, di etape keempat para rider akan menempuh rute neraka sejauh 129,9 KM dari pasar Purwoharjo menuju Paltuding (Ijen), Kecamatan Licin. [rin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar