Iklan Banner Sukun
Olahraga

Terbiasa di Posisi Puncak, Karena Ini Persipura Terpuruk Di Liga 1

Tangkapan Layar Instagram @persipura63

Surabaya (beritajatim.com) – Sempat menguasai Liga 1 Indonesia selama beberapa tahun lamanya, nasib Persipura seolah berbanding terbalik di musim 2021. Dari sepuluh laga di Liga 1, tim berjuluk Mutiara Hitam kini hanya mengumpulkan 5 point saja. Hasil tersebut membuat Persipura terdampar di deretan dasar klasemen. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan hal itu terjadi pada Persipura.

Tinus Pae dan Boaz Salossa Dipecat

Sebelum Liga 1 tahun 2021 bergulir, ada berita tidak mengenakkan soal pemain andalan Persipura. Boaz Solossa dan Tinus Pae lebih dulu angkat koper usai menerima kabar pemecatan. Terlepas dari keputusan petinggi klub yang tidak dapat diganggu gugat, nyatanya tanpa mereka berdua cukup mempengaruhi kualitas permainan dari Persipura sendiri.

Pengaruh kedua pemain yang sudah malang melintang di liga itu pun cukup terlihat. Tanpa kehadiran Boaz, hingga kini skuad Persipura hanya mampu menceploskan 8 gol saja dari 10 laga. Sehingga mereka menyandang predikat sebagai klub dengan jumlah gol paling sedikit di Liga 1, bersama Persiraja dan Persela Lamongan.

Sementara di sektor pertahanan tanpa Tinus Pae, Persipura telah kebobolan hingga 18 gol, menjadikan klub berjuluk mutiara hitam itu sebagai klub dengan jumlah kebobolan terbanyak, bersama Persiraja dan juga PSS Sleman.

Inkonsistensi Pemain

Sempat menjadi harapan, Yevhen Bokhashvili yang belum lama ini dibeli Persipura masih belum mampu menunjukkan taji, akibat sering berada di ruang perawatan karena cedera. Dalam 6 pertandingan yang dijalani, mantan pemain PSS Sleman itu hanya mampu menyumbangkan 1 assist saja.

Sehingga, pelatih Jacksen F Tiago hanya bisa mengandalkan nama-nama lokal di lini depan, seperti Todd Ferre juga Gunansar Mandowen. Namun sangat disayangkan karena performa kedua pemain itu pun masih naik turun hingga kini.

Faktor Mental

Setelah mengalami 4 kekalahan beruntun, turut menjadikan mental para pemain Persipura kurang baik. Bukan hanya itu, kini Skuad Persipura juga berada di zona degradasi atau lebih tepatnya di posisi ke-17, dengan poin 5. Kekalahan terbaru yang diterima Persipura adalah saat kalah telak 0-3 dari Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, beberapa waktu lalu. Pada pertandingan terbaru Persipura kembali alami kekalahan dari Bali United dengan skor tipis 1-0.

 

Akankah terjadi perubahan pada skuad Persipura Jayapura usai mendapat banyak kritik juga masukan dari penggemar maupun manajemen klub? Menarik untuk ditunggu penampilan tim Mutiara Hitam di sisa pertandingan Liga 1 musim ini. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar