Olahraga

Seleksi Timnas U-16 Zona Mojokerto

Teknis, Kemampuan Bermain Bola dan Mental Jadi Penentu

Mojokerto (beritajatim.com) – Talent scouting Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Asprov PSSI) Jawa Timur menilai, ada beberapa pemain di zona Mojokerto yang mengikuti seleksi Tim Nasional (Timnas) U-16 terlihat menonjol. Pihaknya berharap untuk kedepannya kondisi tersebut bisa dijaga.

“Dari beberapa kota yang kemarin kita datangi, sesuai regulasi. Paling tidak regulasi awal minimal tinggi badan 170 cm, hal lain sama. Antusiasnya sama, normal. Banyak faktor yang mempengaruhi untuk bisa terpilih mewakili Jatim,” ungkap Talent scouting Asprov PSSI Jawa Timur, Fahrudin.

Masih kata Fahrudin, diantaranya teknis, kemampuan bermain bola dan mental. Namun yang terutama di sisi teknis yakni tinggi badan harus sesuai dengan standar Timnas serta teknis kemampuan bermain bola sesuai dengan kebutuhan timnas. Tak hanya itu, mental pemain juga menentukan.

“Pasti banyak event-event yang nanti sesuai regulasi yang dikirim dari pusat. Kemudian mental, kemarin Sidoarjo juga saya sampaikan bahwa ketika datang di lapangan cara berfikirnya harus dirubah. Bahwa saya datang untuk Timnas bukan untuk membawa nama daerah. Kalau yang diambil yang di atas, daerahnya pasti ke bawah kalau teratasnya terambil,” katanya.

Fahrudin menjelaskan, di masing-masing zona nantinya akan diambil 18 orang pemain masing-masing zona untuk bertemu di tingkat Provinsi Jawa Timur. Namun untuk jadwal di tingkat Provinsi Jawa Timur belum ditentukan. Dari hasil seleksi pemain Timnas U-16 di zona Mojokerto, diakui terlihat beberapa pemain yang menonjol.

“Tingkat Jatim belum tahu. Yang pasti 18 pemain di setiap zona nantinya akan bertemu semua. Jadwal belum belum karena zona belum terselesaikan semua. Ada beberapa pemain yang bisa kelihatan muncul, mudah-mudahan kondisinya terjaga sehingga besok ketiga pelatih Timnas datang penampilan sama dengan tadi,” tegasnya.

Sebelumnya, sebanyak 125 calon pemain Tim Nasional (Timnas) U-16 mengikuti seleksi tahap provinsi di Stadion Gajah Mada, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Rabu (25/5/2021). Dari sebanyak 125 calon pemain U-16 tersebut nantinya akan diambil sebanyak 18 pemain.

Seleksi digelar selama dua hari, tanggal 26 dan 27 Mei 2021. Seleksi tahap provinsi ini dilakukan di beberapa tempat disesuaikan dengan zona Askot/Askab anggota PSSI Jawa Timur. Di Stadion Gajah Mada untuk wilayah Kabupaten/Kota Mojokerto, Nganjuk dan Jombang. [tin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar