Iklan Banner Sukun
Olahraga

Sepak Bola Porprov VII Jatim

Tekanan Suporter Jember Goyahkan Mental Pemain Kota Pasuruan

Jember (beritajatim.com) – Kekalahan Kota Pasuruan dalam babak perempat final sepak bola putra Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VII, di Stadion Notohadinegoro, Kabupaten Jember, Senin (27/6/2022), tak lepas dari urusan mental.

Pelatih Kota Pasuruan Sudjito menilai kepercayaan diri anak-anak asuhnya kurang. “Pemain muda, dapat tekanan dari penonton, biasanya begitu. Labil,” katanya, usai pertandingan yang berakhir dengan skor 1-0 untuk Jember.

Selain itu, pertandingan yang dilaksanakan pada pukul 11.30 WIB membuat pemain kelelahan. “Kami tidak pernah bermain jam segitu. Kami biasa berlatih sore hari,” kata Sudjito.

Namun Sudjito bisa menerima kekalahan tersebut. “Anak-anak sudah tampil maksimal. Ya inilah hasilnya. Nilai suatu pertandingan adalah perjuangan, bukan kalah dan menang. Perjuangan sudah maksimal ada nilainya walau tidak menang. Alhamdulillah, pertandingan berjalan aman, tanpa emosi berlebihan,” katanya.

Gol kemenangan Jember dicetak gelandang bertahan Muhammad Hifni pada menit 3. Dengan demikian Jember menembus semifinal dan akan berhadapan dengan Kabupaten Malang, di Stadion Semeru, Kabupaten Lumajang, Kamis (30/6/2022).

Sudjito sebenarnya menginstruksikan anak-anak asuhnya untuk memainkan tempo permainan dan memancing pemain Jember keluar untuk kemudian diserang balik. Namun taktik itu ambyar, setelah Pasuruan tertinggal gol cepat.

“Dalam sepak bola, sepuluh menit pertama dan sepuluh menit terakhir membutuhkan konsentrasi. Sangat krusial. Gol-gol banyak terjadi di menit-menit itu. Apalagi gol Jember sangat sudah untuk digagalkan kiper,” kata Sudjito.

Kapten Kota Pasuruan, Muhammad Zanuar Ardani, membenarkan jika para pemain nervous pada awal-awal pertandingan. “Sebenarnya kualitas kami dan Jember hampir sama, tapi ya hasilnya begini. Kami sudah melaksanakan arahan pelatih semaksimal mungkin. Ya bagaimana lagi, keberuntungan bukan milik kami,” kata mantan pemain Persida Sidoarjo ini.

Sudjito mengatakan, materi pemain akan dipertahankan untuk Porprov mendatang. “Hampir 60 persen masih bisa bermain lagi,” katanya. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar