Olahraga

Target Lolos Piala Dunia 2022, Berikut Daftar Pemain Naturalisasi Tiongkok

Twitter @Nico_Yennaris

Surabaya (beritajatim.com) – Tiongkok memang jadi negara yang cukup ambisius dalam semua bidang, termasuk sepak bola. Tiongkok seolah tak mau ketinggalan dengan negara lain, kesungguhan itu mereka buktikan dengan melakukan naturalisasi besar-besaran.

Tiongkok yang punya target untuk lolos ke Piala Dunia Qatar tahun 2022 mendatang telah membuat proyek naturalisasi sejak tahun 2019. Sejauh ini sudah ada lima pemain naturalisasi yang sudah bisa membela Timnas Sepakbola Tiongkok. Namun yang akan dibahas hanya empat pemain saja. Siapa sajakah pemain itu, berikut daftarnya.

Elkeson

Elkeson adalah pemain yang lahir dan besar di Brazil. Namun Elekson justru sudah malang melintang di Liga China bersama 2 klub besar Tiongkok yaitu Shanghai SIPG dan Guangzhou Evergrande dimulai pada tahun 2013. Saking lamanya bermain di Liga Tiongkok berikut juga kecocokan kultur sepakbola Tiongkong, membuat Elkeson akhirnya di naturalisasi oleh Federasi Sepakbola Tiongkok demi tujuan untuk bisa lolos Piala Dunia Qatar 2022.

Nico Yennaris

Nico Yennaris merupakan pemain kelahiran Inggris, ia juga pernah membela klub Liga Premier Inggris yaitu Arsenal dan Brentford. Pada tahun 2019 Nico hijrah ke Tiongkok menuju klub Beijing Guoan. Pada tahun 2019 pula Nico Yennaris beralih kewarganegaraan, ia langsung di naturalisasi oleh Federasi Sepakbola Tiongkok karena ibunya pernah lahir di Tiongkok.

Alan Carvalho Groupe

Sama seperti Elkeson, Alan Carvalho adalah pemain kelahiran Brasil yang akhirnya membela Timnas Tiongkok pada Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022. Alan Carvalho melawat ke Liga Tiongkok sejak tahun 2015 dengan membela Guangzhou Evergrande. Lalu pada tahun 2019, ia resmi dinaturalisasi oleh Federasi Sepakbola Tiongkok.

Tyias Browning

Tyias Browning sebenarnya wonderkid yang cukup punya kemampuan sebagai bek. Tiongkok sukses menaturalisasi bek muda asal Inggris ini merupakan hal yang harus sangat dimanfaatkan. Sebelumnya Tyias Browning tercatat sebagai pemain Everton. Ia sendiri punya darah Tiongkok dari sang kakek, sehingga membuat dirinya lebih mudah untuk di naturalisasi, Tyias Browning pun telah membela Timnas Tiongkok pada tahun 2020.

Adakah yang kalian kenal dari daftar pemain naturalisasi tersebut? Semoga kelak negara Indonesia juga punya proyeksi besar seperti Tiongkok. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar