Olahraga

Target 3 Medali Emas Porprov Jatim 2021, Atlet Pentanque Kota Kediri Genjot Latihan Meski di Masa Pandemi

Kediri (beritajatim.com) – Meski di tengah pandemi Covid-19, namun tidak menyurutkan semangat para atlet petanque atau Petank Kota Kediri dalam melakukan latihan rutin. Mereka berlatih keras dalam rangka persiapan menghadapi event-event perlombaan di Jawa Timur, seperti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda), Kejuaran Provinsi (Kejurprov) dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim Tahun 2021.

Abdian Asqi Sukmana, Pelatih Cabor Petank Kota Kediri mengatakan, dalam masa pandemi, pihaknya menerapkan protokol ketat dalam latihan. Salah satunya dengan membagi latihan di pagi dan sore hari.

“Program latihan kami 5 kali selama satu minggu, senin sampai jumat. Bahkan kita berikan latihan intensif hari sabtu. Bisa jadi seminggu full kita latihan. Di masa pandemi, kita berikan stategi latihan berbasis kesehatan untuk anak-anak. Dari jumlah 12 altet untuk puslatkot, kita bagi pagi hari 6 atlet, dan sore 6 atlet dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Abdian.

Petanque salah satu olah raga baru yang ada di indoensia. Kontingen Kota Kediri telat menyabet juara umum dalam Porprov Jatim di Bojonegoro 2019 lalu dengan raihan dua medali emas. Tahun 2021, KONI Kota Kediri mematok target peningkatan prestasi dengan capaian tiga medali emas.

“Target kita pertahankan juara umum, Porpov 2019 kemarin. Ini tantangan bagi kami. Hanya satu tanggung jawab dan disiplin untuk program latihan anak-anak,” tegas Abdian, usai memimpin latihan di Kampus IV Universitas Nusantara PGRI Kota Kediri.

Abdian bersyukur sekaligus berterima kasih kepada KONI Kota Kediri yang telah mensupport penuh. Perhatian dari Pemerintah Kota Kediri tersebut menjadi pelecut semangat untuk memberikan prestasi yang terbaik untuk Kota Tahu ini.

“Kita diberikan amanah untuk melaksanakan Puslatkot yang disuport penuh oleh KONI Kota Kediri. Sehingga mulai bulan Maret sebeum pandemi sudah trainig center, dapat pelayanan luar biasa, termasuk anggaran dari KONI. Ini menjadi motivasi buat kami, memberikan sesuatu yang terbaik untuk Kota Kediri,” tutup Abdian.

Petanque adalah suatu bentuk permainan olahraga yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut cochonet. Kaki pelempar juga harus berada di dalam lingkaran kecil yang sudah ditentukan.

Ada jarak yang ditetapkan, yaitu jarak lemparan dari bola kayu dengan pelempar yang siap mengarahkan bola besi terhadap titik tuju bola kayu yang berjarak antar enam sampai sepuluh meter. Untuk dapat memenangkan olahraga ini, masing-masing tim harus berusaha menyingkirkan bola lawan agar tidak lebih dekat dengan bola kayu sebagai poros titik tuju. [nm/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar