Iklan Banner Sukun
Olahraga

Tak Disangka-Sangka, Pemain-Pemain Ini Pernah Masuk Nominasi Ballon d’Or

(Foto: Twitter @Doony_beek6)

Surabaya (beritajatim.com) – Mendapatkan penghargaan Ballon d’Or memang menjadi impian hampir semua pemain sepakbola professional. Sebab, ia menjadi pengesahan bahwa seorang pemain adalah yang terbaik di dunia.

Namun, ada juga pemain-pemain yang secara tak terduga bisa masuk dalam nominasi penerima penghargaan tersebut. Siapa saja pemain yang secara mengejutkan bisa masuk nominasi Ballon d’Or tersebut?

Donny Van De Beek (2019)

Ada begitu banyak pemain Ajax Amsterdam yang dinominasikan Ballon d’Or usai berhasil masuk ke tahap semifinal Liga Champions Eropa. Ada nama Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, dan Dusan Tadic pada edisi 2019.

Namun, nama Donny Van de Beek tidak banyak diketahui penggemar sepakbola bahwa juga termasuk dalam nominasi ini yaitu di urutan ke-28. Posisi terendah dengan nol poin, tetap saja itu pencapaian yang luar biasa. Meski hingga kini Ole Gunnar Solskjaer masih enggan memberi Van De Beek banyak menit bermain di Manchester United, pada masanya ia dikenal sebagai Wonderkid asal Belanda.

Dimitri Payet (2016)

Tampil baik saat bersama West Ham selama 30 pertandingan di musim 2015/16, Payet berhasil menorehkan sembilan gol dan dua assist. Payet juga mengantarkan Prancis ke final Euro 2016.

Berbekal kedua pencapaian itu, Dimitri Payet pun masuk nominasi Ballon d’Or di urutan ke-17 sama tahun 2016 dengan perolehan satu poin sama dengan Toni Kroos dan Luka Modric.

Rui Patricio (2016)

Mantan penjaga gawang Wolves yang saat ini bermain di AS Roma ternyata pernah memiliki riwayat nominasi Ballon d’Or. Rui Patricio masuk nominasi berdasarkan aksi heroiknya saat Portugal mengangkat trofi besar pertama di ajang Euro 2016. Patricio juga meraih clean sheet di laga final. Rekan senegaranya, Cristiano Ronaldo berhasil memenangkan Bola Emas tahun itu sehingga banyak lupa jika ada nama Patricio sebagai nominasi dengan torehan enam poin.

Pemain berjuluk Super Mario itu pernah menjadi Golden Boy pada tahun 2010. Balotelli pun masuk sebagai nominasi Ballon d’Or pada tahun 2012. Aksi Balotelli benar-benar menjadi sorotan dunia di awal karirnya. Setelah memainkan peran penting dalam kemenangan gelar Liga Premier pertama Man City.

Pemain berkebangsaan Italia itu ada duduk di peringkat ke-23 dalam penghargaan Ballon d’Or 2012. Namun nahas, beberapa tahun berikutnya karir Balotelli menurun hingga sekarang pada usia 31 tahun, ia hanya berada di Super Lig Turki membela klub Adana Demirspor.

Beberapa pemain itu mungkin banyak dilupakan penggemar sepak bola jika pernah masuk nominasi Ballon d’Or pada masa jayanya. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar