Olahraga

Tak Bosan Bikin Rekor, Ronaldo Masuk Guinness World Record

(Foto: Twitter @Cristiano)

Surabaya (beritajatim.com) – Satu demi satu rekor dunia terus ia pecahkan. Usianya tak lagi muda, tetapi Cristiano Ronaldo tetap penuh ambisi. Terbaru, pada Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022, bintang asal Portugal ini kembali memecahkan rekor.

Sempat tertinggal pada menit awal, Portugal berhasil membalikkan keadaan di menit-menit akhir. Penyerang veteran yang telah resmi membela Manchester United ini sempat gagal mengeksekusi penalti. Namun, ia menebus kegagalannya dengan memborong dua gol.

Gol pertama, tercatat saat waktu pertandingan sudah memasuki menit ke-89. Gol ini jadi gol ke-110 yang ia sumbangkan buat Portugal. Seakan belum puas, saat injury time ia mencetak gol kedua dan membawa Portugal menang 1-2 atas Irlandia.

Pencapaian ini membawa Ronaldo memecahkan rekor Ali Daei, legenda Iran sebagai pencetak gol terbanyak dunia ketika berlaga di tim nasional dengan torehan 109 gol. Sebelumnya, ketika berlaga di Piala Eropa 2020, Ronaldo juga berhasil mencetak gol ke-109 ketika menghadapi Prancis, dan menyamai rekor Ali Daei yang kini sudah ia lewati.

Rekor Ali Daei ini sudah bertahan selama 16 tahun tanpa ada yang mampu melewatinya. Sampai saat ini, Ronaldo sudah mencatatkan 180 penampilan bersama Timnas Portugal dengan torehan gol mencapai 111 gol dan masih akan terus bertambah. Pasalnya, jika tidak mengalami cedera ia masih akan bermain di Piala Dunia Qatar 2022.

Sampai beberapa tahun ke depan, kemungkinan besar rekor ini akan tetap milik Ronaldo dan sulit untuk dilewati. Berkat pencapaiannya itu, Ronaldo dinobatkan oleh Guinness World Record atau buku rekor dunia di hari Jumat (3/9) sebagai pencetak gol terbanyak dunia.

Meski begitu, untuk sementara waktu Ronaldo tidak bisa menambah pundi gol untuk Portugal di matchday kelima Kualifikasi Piala Dunia 2022 kala menghadapi Azerbaijan. Pasalnya, Ronaldo tengah mendapatkan ganjaran kartu kuning akibat selebrasi berlebihan dengan membuka jersey saat melawan Irlandia. Ronaldo seakan lupa ia sudah mengantongi satu kartu kuning saat melawan Serbia pada 27 Maret 2021.

Torehan panjang gol Cristiano Ronaldo ini pertama kali dicatatkan untuk Portugal pada Juni 2004. Kala itu, ia mencetak gol dengan sundulan memanfaatkan umpan silang Luis Figo saat timnya kalah 1-2 di fase grup Piala Eropa. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar