Iklan Banner Sukun
Olahraga

Studi Tentang Cara Pemain Sepakbola Beradaptasi di Usia Tua

(Foto: Twitter, @Cristiano)

Surabaya (beritajatim.com) – Menjadi tua adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Termasuk bagi para pemain sepakbola. Seiring bertambahnya usia, para pemian tentu bertambah pengalaman. Namun, juga berkurang kemampuan fisiknya.

Bahkan pemain-pemian kelas dunia seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Luca Modric serta Neymar Jr pun mengalami hal tersebut. Dari hari ke hari ketika usia mereka sudah makin tua beradaptasi adalah satu-satunya cara agar tetap bsia bertahan di level permainan terbaik.

Ronaldo contohnya, sudah tidak lagi terlihat membawa bola dari tengah lapangan sampai depan gawang sambil melewati para pemain lawan dengan skil-skil ciamik. Ia lebih memilih untuk menjadi pemain nomor 9 yang clinical di depan gawang.

Di dunia sepak bola ternyata ada penelitian khusus yang pernah dilakukan untuk melihat rentang usia prima pemain bola. Uniknya, setiap posisi memiliki detail tersendiri.

Penelitian dalam artikel Michael Caley di ESPN tahun 2017 lalu, memberikan insight tentang hal ini. Hasil studi menunjukkan bahwa usia prima rata-rata pemain bola itu di rentang 25-28 tahun. Namun, ada perbedaan di tiap posisi. Winger (pemain sayap) menjadi posisi yang paling cepat mencapai usia prima.

Namun, mereka juga lebih cepat sampai titik worn out. Penelitian yang mengambil sampel dari 4 liga terbaik dunia yaitu EPL, Serie A, Bundesliga & La Liga sejak 2010/11 hingga 2016/17 itu menunjukkan jika rata-rata winger turun level di usia 30 tahun. Biasanya, karena teknik kecepatan dan dribbling menurun.

Seiring dengan pengalaman yang didapat dari belasan tahun berkarir, fisik pemain mungkin menurun. Tapi, mereka akan memiliki cara mengimbangi lawan. Istilahnya, jam terbang memang tidak bisa bohong. Dua posisi yang paling awet di sepak bola adalah bek tengah dan kiper.

Dari penelitian ESPN, bek baru mulai pudar tekniknya ketika memasuki usia 32 tahun. Kiper pun tidak jauh berbeda. Sehingga jika diurutkan berdasarkan posisi yang paling rentan terancam dari faktor usia, kiper ada di peringkat paling rendah.

Berikut peringkat lengkapnya 1) winger, 2) gelandang serang tengah, 3) bek sayap (full-back), 4) gelandang tengah, 5) striker, 6) bek tengah, 7) kiper. Meski hal itu menunjukkan secara datanya, bukan berarti pemain dengan posisi yang disebut paling rentan menurun tidak bisa mencari formula sebagai solusi.

Salah satu metode yang biasa digunakan pemain adalah pindah posisi atau gaya main. Gelandang, sebagai posisi yang mengandalkan kecepatan, fisik, sampai kreativitas, bisa berpindah ke peran yang lebih spesifik, saat fisiknya sudah turun, winger pun demikian. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati