Olahraga

Spanyol Bungkam Swedia 3-0

Madrid (beritajatim.com) – Timnas Spanyol berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-0 dari Swedia, pada laga ketiga babak kualifikasi Euro 2020 grup F, Selasa (11/6/2019) dini hari WIB.

Bertanding di Santiago Bernabeu Stadium, Spanyol tampil mendominasi sepanjang babak pertama, sayang peluang-peluang yang didapatkan Sergio Ramos dkk tidak ada yang berbuah gol.

Penampilan gemilang kiper, Robin Olsen, di bawah mistar gawang Swedia berhasil menggagalkan peluang yang didapatkan Spanyol melalui Fabian Ruiz, Dani Parejo dan Sergio Ramos.

Olsen mampu menggagalkan tendangan dari luar kotak penalti yang dilesatkan Ruiz dan Parejo, dan ia juga sukses mementahkan bola hasil sundulan Ramos, yang meneruskan umpan dari tendangan pojok.

Sebenarnya Spanyol mampu mencetak satu gol di babak pertama, namun gol tersebut dianulir wasit, sebab Rodrigo dinilai terlebih dahulu berada di posisi offside sebelum melepaskan tembakan.

Hingga wasit meniupkan peluit panjang akhir babak pertama tidak ada lagi peluang dan gol yang tercipta, skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Spanyol masih menguasai jalannya pertandingan. Tercatat mereka menguasai bola hingga 74 persen berbanding 26 persen dengan Swedia.

Namun, lagi-lagi rapatnya lini pertahanan dan kokoh penjaga gawang Swedia, masih membuat Spanyol kesulitan untuk mencuri gol terlebih dahulu.

Menit ke-62 Swedia mencoba keluar dari tekanan, dan mereka mendapatkan peluang mencetak gol. Sayang sepakan dari Robins Quaison mampu diamankan oleh Kepa Arrizabalaga.

Gol yang ditunggu-tunggu Spanyol akhirnya datang, menit ke-64 mereka dihadiahi penalti oleh wasit setelah Sebastian Larsson melakukan handball di dalam kotak penalti.

Maju sebagai eksekutor, Sergio Ramos mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan membawa Spanyol unggul 1-0. Lima menit menjelang waktu normal selesai, Spanyol berhasil menggandakan keunggulan setelah mendapatkan penalti untuk kedua kalinya.

Wasit menghadiahi Spanyol penalti setelah Alvaro Morata dilanggar di dalam kotak penalti. Maju sendir sebagai eksekutor, Morata berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Skor 2-0.

Dua menit berselang, pemain yang baru masuk Mikel Oyarzabal memperlebar keunggulan Spanyol menjadi 3-0, usai menuntaskan umpan dari Fabian menjadi gol. Skor 3-0 bertahan hingga laga usai

Dengan kemenangan ini Spanyol semakin kokoh di puncak klasemen grup F dengan poin sempuran 12 dari empat laga, sementara Swedia turun ke urutan ketiga dengan tujuh poin. [inilah.com]

Susunan Pemain:

Spanyol (4-3-3): Kepa Arrizabalaga, Sergio Ramos, Jordi Alba, Dani Carvajal, Inigo Martinez, Dani Parejo, Sergio Busquets, Isco, Marco Asensio, Fabian Ruiz, Rodrigo

Swedia (4-4-2): Robin Olsen, Mikael Lustig, Pontus Jansson, Ludwig Augustinsson, Filip Helander, Sebastian Larsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg, Viktor Claesson, Marcus Berg, Robin Quaison

Apa Reaksi Anda?

Komentar