Olahraga

Sisa Waktu Mepet, Inilah Menu Latihan Persela Lamongan

Latihan tim Persela di Stadion Surajaya Lamongan, Sabtu (5/6/2021) sore.

Lamongan (beritajatim.com) – Persela Lamongan sudah menggelar latihan perdana yang dipimpin langsung oleh pelatih Iwan Setiawan sebagai persiapan menatap Liga 1 2021 mendatang yang menyisakan waktu cukup mepet. Latihan berlangsung di Stadion Surajaya Lamongan, pada Sabtu (5/6/2021) sore waktu setempat.

Pada awal pertama latihan tersebut, menu latihan yang diberikan cukup banyak. Usai melakukan pemanasan dan senam ringan untuk melemaskan otot-otot usai lama tak menggelar latihan karena libur, skuad Persela diminta untuk saling menggendong pemain lainnya secara bergantian, lalu berlari menyusuri tepi lapangan.

Setelah sejumlah pemain, baik pemain bertahan, tengah, dan depan diminta melakukan tendangan passing, pemain juga diminta untuk mengasah penguasaan bola hingga taktik. Menurut juru taktik kelahiran Medan tersebut, dalam latihan di minggu pertama ini dirinya ingin lebih memprioritaskan pemulihan kondisi fisik para pemain.

“Kita mau melihat, dalam minggu ini, sampai sejauh mana, dari sisi conditioning, ataupun pemahaman tactical, karena dari situ, hasil dari evaluasi nanti kita buat program untuk minggu selanjutnya,” ungkap Iwan saat ditemui.

Dari latihan yang digelar tersebut, Iwan Setiawan menyampaikan, bahwa latihan ini dalam rangka mengukur kesiapan dari skuad Persela, untuk kemudian dinilai hasilnya sampai sejauh mana kemampuan pemain agar bisa dijadikan sebagai program selanjutnya.

“Nanti kita ada tes hari sabtu, di ujung minggu. Meliputi tes VO2 Max, speed, dan agility. Hari ini kita belum bisa jawab, karena kita menunggu hasilnya dulu di latihan di minggu pertama ini, apa yang harus diprioritaskan lagi selanjutnya,” terang pelatih 53 tahun itu.

Pelatih berkacamata itu juga menambahkan, bahwa untuk meningkatkan kemampuan dan optimalisasi latihan terutama di masalah fisik, pihaknya juga telah menunjuk pelatih fisik yakni Andar Suhendar untuk membantunya, dikarenakan musim lalu Persela tidak memiliki pelatih fisik. “Saya mengajukan ke manajemen untuk tambahan staf pelatih khusus untuk fisik, dan manajemen setuju,” sambungnya.

Andar Suhendar sebelumnya menjadi bagian tim kontestan Liga 2, Cilegon United FC yang kini berganti nama menjadi Rans Cilegon FC milik artis Rafi Ahmad. Hadirnya Andar Suhendar menjadikan komposisi staf pelatih yang akan menunjang kinerja dari Iwan Setiawan kian maksimal. “Tambahan pelatih fisik penting, pemain baru saja melewati libur lebaran, fisik sudah pasti menurun,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, di jajaran staf pelatih Persela sudah ada beberapa nama, yakni Didik Ludianto, Ragil Sudirman, dan Miftahul Hadi (pelatih kiper). Lebih lanjut, pihak manajemen juga berharap, hadirnya Andar Suhendar akan membantu pemain berada dalam kondisi 100 persen ketika Liga 1 bergulir. [riq/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar