Olahraga

SIER Gowes ke KBS, Angkat Gajah Sumatera Jadi Anak Asuh

Rombongan Pesepeda PT SIER Memasuki KBS.

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam rangkaian peringatan HUT ke-47, PT SIER (Surabaya Industrial Estate Rungkut) menggelar acara sepeda santai, Sabtu (27/2/2021). Gowes ini menempuh jarak sekitar 30 km keliling Kota Surabaya. Yang menarik dari acara gowes ini adalah rute masuk ke dalam Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Acara yang dilabeli ‘Sepedahan Nang Bonbin’ ini melalui rute berputar di dalam area KBS. Sehingga peserta gowes dapat menikmati suasana pagi asri di area seluas kurang lebih 15 hektare ini dengan melihat berbagai hewan menarik yang mulai langka.

Acara gowes ini mengambil start dari Wisma SIER dan keliling Kota Surabaya seperti di Balai Pemuda hingga finish di KBS. Pemberangkatan gowes diatur dengan kelompok kecil menggunakan jeda, sehingga protokol kesehatan tetap dijaga. Peserta gowes selain karyawan PT SIER, juga diikuti pimpinan BRI, jajaran Direksi Pelindo III, Komisaris Petrokimia Gresik, Pimpinan Jasindo dan perwakilan perusahaan-perusahaan di kawasan industri SIER.

Yang cukup istimewa, sepeda santai ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Surabaya, Armudji yang baru saja dilantik Gubernur Jawa Timur, Jumat kemarin. Menggunakan roadbike, Armudji antusias mengikuti rangkaian gowes hingga masuk ke KBS disambut oleh pengalungan bunga oleh Manis, Gajah Sumatera yang berusia 40 Tahun.

“Saya meminta semua pihak mempopulerkan wisata gowes masuk ke dalam KBS ini, sebagai alternatif rute wisata di Surabaya dan potensi pendapatan baru bagi KBS. Mengingat begitu banyak komunitas sepeda tumbuh terutama di era pandemi ini. Saya yakin akan banyak komunitas sepeda yang ingin keliling menikmati suasana asri KBS menggunakan sepeda,” tutur Armudji.

Sementara itu, Direktur Operasi PT SIER, Didik Prasetiyono mengatakan, acara gowes ini adalah bagian dari kampanye SIER cinta terhadap lingkungan yang bersih dan sehat. Dengan bersepeda berarti telah mengurangi pencemaran udara.

“Gowes ini kami gelar selain dalam rangka HUT PT SIER ke-47, kami juga ingin menyuarakan lingkungan lestari. Dengan bersepeda, tubuh jadi bisa sehat. Lebih jauh dari itu akan bisa mengurangi polusi udara di lingkungan kita,” ujar Didik.

Dalam rangkaian acara ini, SIER juga menyalurkan bantuan donasi untuk program Orang Tua Asuh Satwa bagi Gajah Sumatera KBS, dan mendorong semua pihak untuk ikut menjaga kelestarian hewan. Apresiasi juga disampaikan SIER kepada KBS atas keberhasilan breeding berbagai hewan khususnya Babirusa, Komodo dan Jalak Bali yang menjadi spesies khas asli Indonesia.

“Kami berharap sinergi antarBUMN dan BUMD bisa terus terjalin terutama untuk mengupayakan bangkitnya pertumbuhan ekonomi di era pandemi ini. Kita optimistis tahun 2021 perekonomian Indonesia akan membaik dengan sinergi semua pihak,” tandasnya.

Kebun Binatang Surabaya diketahui adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia dan merupakan kebun binatang yang pernah memiliki koleksi terlengkap binatangnya se-Asia Tenggara, di dalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang. Termasuk di dalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia. (tok/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar