Olahraga

Shin Tae-yong Resmi Jadi Pelatih Timnas, Ini Komentar Menpora

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali

Surabaya (beritajatim.com) – pelatih berkebangsaan Korea Shin Tae Yong resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia, hal ini telah diumumkan oleh PSSI, Sabtu siang (28/12/2019). Menanggapi nahkoda baru Timnas Indonesia itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali mengaku mendukung penuh keputusan PSSI.

“Saya kira kami mendukungnya. Karena menyangkut teknis, kami tidak boleh ikut campur. Tapi pemerintah memberikan dukungan kepada keputusan federasi siapapun yang ditunjuk,” ujar Zainuddin Amali atau ZA saat acara ‘Diskusi Kahmi bersama Kemenpora RI’ di Wiyung Surabaya, Sabtu (28/12/2019).

ZA berharap di tangan pelatih baru, prestasi Evan Dimas dkk terangkat. Ia yakin penunjukan Shin Tae-yong telah melewati sejumlah pertimbangan. “Karena dia dipilih sebagai pelatih tentu harus membawa prestasi dan optimisme. Pelatih yang ditunjuk PSSI harus memberikan rasa optimisme bagi persepakbolaan kita,” tegasnya.

Untuk kelas timnas, Shin Tae-yong pernah melatih Timnas Korea Selatan U-23 pada 2016 hingga 2017, dan Timnas Korea Selatan U-20. Pelatih 50 tahun itu juga pernah menangani Timnas Korea Selatan senior.

Ditangannya, Timnas Korea Selatan cukup mengesankan saat tampil di Piala Dunia 2018 Rusia. Meski sempat takluk dari Swedia dan Meksiko, tetapi kemudian mampu meraih kemenangan bersejarah atas Jerman 2-0 di partai terakhir.

Satu gelar didapatkan Shin Tae-yong di level internasional saat melatih Timnas Korea Selatan Senior, yaitu juara EAFF E-1 Football Championship 2017. Di babak final yang dibuat dengan format round robin, Korsel tidak terkalahkan atas Jepang, Cina, dan Korea Utara. [way/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar