Olahraga

Sejarah: Hasil Pertandingan Piala Eropa 1960

Surabaya (beritajatim.com) – Piala Eropa Antarnegara pertama digelar pada 1960. Turnamen pertama ini diikuti 17 negara dengan menggunakan sistem gugur kandang dan tandang. Uni Soviet mengalahkan Yugoslavia 2-1 di babak final.

Pertandingan pertama digelar pada 5 April 1959 yang mempertemukan Republik Irlandia melawan Cekoslowakia. Pencetak gol pertama dalam turnamen ini adalah Tuohy dari Irlandia pada menit 22. Dalam pertandingan pertama, Irlandia menang 2-0 di Stadion Dalymount Park, Dublin. Namun dalam pertandingan kedua di Tehelné pole, Bratislava, Cekoslowakia menghantam balik 4-0 dan lolos ke Babak 16 Besar.

Jika pertandingan penyisihan hingga babak perempat final digelar dengan sistem gugur kandang dan tandang, pertandingan semifinal digelar di Prancis. Final digelar di Parc Des Princes, Paris, Prancis. 10 Juli 1960. Yugoslavia mencetak gol lebih dulu melalui Galic pada menit 43. Soviet memaksakan perpanjangan waktu melalui gol Metreveli pada menit 49. Dalam babak perpanjangan waktu, Ponedelnik mencetak gol pada menit 113 sekaligus membawa Tim Beruang Merah sebagai negara pertama yang menjuarai.

Namun kesuksesan Soviet ini ternoda setelah Spanyol menolak bertandang ke negara itu pada babak perempat final. Jenderal Fransisco Franco masih merasa sakit hati dengan keterlibatan Soviet membela kubu Republik dalam Perang Sipil di Spanyol. Soviet pun diganjar kemenangan walkover (WO).

Sepanjang turnamen ini, tercetak 108 gol dalam 28 pertandingan. Pencetak gol terbanyak adalah pemain Cekoslowakia Titus Buberník dan Just Fontaine serta Hean Vincent dari Prancis dengan lima gol. [wir/suf]

Berikut hasil pertandingan lengkapnya:

Babak Penyisihan
Republik Irlandia vs Cekoslowakia 2-0
Cekoslowakian vs Republik Irlandia 4-0

Babak 16 Besar
Uni Soviet vs Hungaria 3-1
Hungaria vs Uni Soviet 0-1

Prancis vs Yunandi 7-1
Yunani vs Prancis 1-1

Rumania vs Turki 3-0
Turki vs Rumania 2-0

Norwegia vs Austria 0-1
Austria vs Norwegia 5-2

Yugoslavia vs Bulgaria 2-0
Bulgaria vs Yugoslavia 1-1

Jerman Timur vs Portugal 0-2
Portugal vs Jerman Timur 3-2

Polandia vs Spanyol 2-4
Spanyol vs Polandia 3-0

Denmark vs Cekoslowakia 2-2
Cekoloswakia vs Denmark 5-1

Perempat Final
Prancis vs Austria 5-2
Austria vs Prancis 2-4

Portugal vs Yugoslavia 2-1
Yugoslavia vs Portugal 5-1

Rumania vs Cekoslowakia 0-2
Cekoslowakia vs Rumania 3-0

Uni Soviet menang WO atas Spanyol

Semifinal
Uni Soviet vs Cekoslowakia 3-0
Yugoslavia vs Prancis 5-4

Final
Uni Soviet vs Yugoslavia 2-1

Tempat Ketiga
Cekoslowakia vs Prancis 2-0



Apa Reaksi Anda?

Komentar