Olahraga

Sebelum Nobar Piala Dunia, Bupati Jember Gelar Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

tragedi kanjuruhan
Karangan Duka Cita untuk Tragedi Kanjuruhan

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, akan menggelar acara nonton bareng (nobar) Piala Dunia 20 November – 18 Desember 2022. Sebelum acara dimulai, akan ada doa bersama untuk korban tragedi Kanjuruhan.

Hal ini dikemukakan Bupati Hendy Siswanto, ditulis Kamis (17/11/2022). “Sebelum nonton nanti, kami akan ajak kiai dan ustaz untuk berdoa bersama. Insya Allah, doa bersama untuk saudara-saudara kita yang telah pergi dalam Tragedi Kanjuruhan. Mudah-mudahan mereka husnul khotimah semua dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran,” katanya.

Tragedi terjadi usai pertandingan sepak bola Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, 1 Oktober 2022 lalu. Kerusuhan suporter yang ditangani dengan gas air mata menyebabkan 135 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya terluka.

Hendy berharap persepakbolaan Indonesia bangkit setelah tragedi itu. “Sepak bola Indonesia semakin tertib, semakin disiplin, dan semakin tertata rapi, sehingga kita bisa mengikuti Piala Dunia,” katanya.

“Mari kita tata kembali persepakbolaan Indonesia, termasuk di Jember. Semuanya. Mulai dari atlet, manajemennya, kita tata bersama. Sepak bola ini industri luar biasa. Ada hobi, ada sehat, ada ekonomi di situ. Ini yang harus kita packaging bersama-sama dengan adanya Piala Dunia,” kata Hendy.

Pemerintah Kabupaten Jember menyiapkan megatron layar LED berukuran tujuh meter kali 12 meter untuk nobar. “Sound systemnya luar biasa. Kita gak berpikir di Qatar. Ini adiknya Qatar yang di Jember. Daripada nonton di rumah ya nonton bareng-bareng di alun-alun saja sambil silaturahmi, sambil jajan, sehingga ekonomi kita bergerak,” kata Hendy.

“Esensinya bukan hanya Piala Dunia, tapi ada gerakan ekonomi kerakyatan. Ekonomi kerakyatan ini yang penting buat kita. Insya Allah hanya ada di Jember. Ini pakai LED lho, pakai megatron. Bukan pakai layar (kain), yang kalau kena angin malah bolanya bisa tidak masuk,” kata Hendy, berseloroh. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar