Iklan Banner Sukun
Olahraga

Sarana WSL di Banyuwangi yang Harus Dipenuhi, Termasuk Internet dan Listrik

Banyuwangi (beritajatim.com) – Lokasi venue World Surf League (WSL) yang cukup jauh menjadi perhatian pihak tuan rumah. Diketahui, tempat penyelenggaraan liga surfing dunia ini akan berlangsung di Pantai Plengkung atau G-Land, Taman Nasional Alas Purwo, Kecamatan Tegaldlimo.

Namun, sejak jauh hari pihak panitia di Banyuwangi telah melakukan antisipasi. Bahkan telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk memuluskan gelaran acara.

Bahkan, secara khusus Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meninjau lokasi. Usai, tinjauan itu, Ipuk langsung menggelar rakor bersama lintas sektoral secara detail. “Ini harus dipersiapkan secara matang. Ini momentum pemulihan ekonomi. Dampaknya ke depan akan luar biasa bagi Banyuwangi,” ungkap Ipuk, Rabu (11/5/2022).

Rapat juga dilanjutkan dengan pemaparan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves). Rapat dipimpin langsung oleh Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kosmas Harefa, membahas segala persiapan terkait pelaksanaan dibahas secara detail.

Rapat diikuti Kemenpora, Kementrian Pariwisata dan Ekraf, Kementrian PUPR, Kemenkominfo, Kementrian LHK, TNI/Polri, PSOI (Persatuan Selancar Ombak Indonesia), Pemprov Jatim, Telkom dan Telkomsel, PLN, dan Pertamina.

“Seluruh pihak harus bisa bergerak cepat, kita bahas secara intens mana-mana yang perlu diakselerasi. Ini momen yang sangat baik untuk kebangkitan ekonomi nasional,” ujar Kosmas.

Sementara itu, Kepala Balai TN Alas Purwo, Nuryadi mengatakan, pihaknya siap membantu segala yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan event internasional tersebut. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan semua stakeholder yang terlibat dalam pelaksanaan kejuaraan surfing tersebut.

“Ya kami terus komunikasi dengan PLN untuk kelistrikan dan juga penyedia jaringan internet. Karena nanti akan ada live streaming pelaksanaan lomba dari judge tower yang ada di laut. Masyarakat bisa menyaksikan langsung acara tersebut. Kalau yang di lokasi kami sediakan giant screen,” kata Nuryadi.

WSL Championship Tour 2022 sendiri digelar di sejumlah pantai terpilih, sejak Januari 2022 dan bakal berakhir Agustus 2022. Di antaranya di Hawaii, Australia, Amerika Serikat, Banyuwangi (Jawa Timur, Indonesia), Brazil, Afrika Selatan, Portugal dan Tahiti. (rin/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar