Olahraga

Saran Coach RD Bagi Pemain Muda Madura United

Pelatih Madura United FC, Rahmad Darmawan.

Pamekasan (beritajatim.com) – Sedikitnya terdapat 3 (tiga) komponen penting yang harus dimiliki oleh para pemain sepakbola muda, agar dapat bersaing dalam ketatnya persaingan dalam cabang olahraga terpopuler di dunia, khususnya di kompetisi Liga Indonesia.

Hal itu disampaikan Pelatih Madura United FC, Rahmad Darmawan yang memberikan penilaian kepada skuat mudanya selama mengarungi babak penyisihan grup turnamen pra musim bertajuk Piala Menpora RI 2021.

Terlebih pada turnamen pra musim tersebut, juru taktik yang akrab disapa Coach RD juga tidak ragu memberikan kesempatan kepada para pemain muda untuk bermain bersama pemain senior. Sekalipun terdapat beberapa kelemahan yang harus segera dibenahi.

“Selama (pagelaran Piala Menpora RI) ini kami menemukan beberapa kelemahan dari para pemain muda, mulai dari aspek power, skill dan mental. Ketiga komponen ini merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh pemain sepakbola khususnya para pemain muda,” kata Rahmad Darmawan, Sabtu (10/4/2021).

Selain itu pihaknya menilai ketiga komponen tersebut menjadi elemen penting agar selalu dimiliki oleh para pemain, khususnya para pemain muda dalam skuat berjuluk Laskar Sape Kerrab. “Karena ketiga komponen ini merupakan bekal dasar bagi pemain sepakbola agar mampu bersaing di lapangan,” ungkapnya.

“Memang dalam beberapa pertandingan mereka (pemain muda) sering melakukan kesalahan di lapangan, hal itu membuat kami berinisiatif menggabungkan mereka dengan para pemain senior. Sehingga mental mereka dapat meningkat sekaligus menambah jam terbang bermain,” jelasnya.

Tidak hanya pada pertandingan resmi sekelas turnamen pra musim, para pemain muda juga dijajal berkolaborasi dengan para pemain senior dalam beberapa game. “Kami meyakini bahwa pemain muda ini merupakan pesepakbola nasional, sehingga kami memiliki komitmen untuk mengorbitkan mereka,” tegasnya.

Sebelumnya Presiden Madura United FC, Achsanul Qosasi juga memberikan tantangan kepada Coach RD agar dapat mengorbitkan para pemain muda dalam skuat kebanggaan suporter Madura Bersatu. Terlebih selama ini, manajemen juga sudah mulai melakukan pembinaan pemain muda melalui program Madura United Football Academy (MUFA).

Bahkan keberadaan pemain muda yang juga digembleng melalui kompetisi kelompok umur, sebagian di antara mereka juga sudah ada yang tercatat sebagai bagian dari tim senior dalam beberapa tahun terkahir. Sekalipun hingga saat ini belum ada yang benar-benar moncer dan mendapat tempat secara reguler. [pin/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar