Olahraga

Sambut Atlet Peparpenas, Gubernur Juga Targetkan Juara Umum Popnas

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa melakukan dua acara sekaligus di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (15/11/2019). Pertama, menyambut kontingen Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) IX Jatim yang telah menjadi Juara Umum Nasional Tahun 2019 di Jakarta pada 7-13 November 2019.

Atlet Peparpenas IX Jatim itu telah membawa pulang 20 medali emas, 20 perak dan 1 perunggu, mengungguli Provinsi Jawa Tengah pada peringkat kedua dan Provinsi Papua di peringkat ketiga. Kemudian, acara kedua adalah melepas Kontingen Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Jatim menuju Popnas XV pada 16-25 November 2019 di Jakarta.

Sebanyak 198 atlet pelajar Jatim akan berangkat menuju Jakarta mengikuti Popnas 2019. “Pertama, kami ingin berterima kasih dulu, Peparpenas juara umum. Luar biasa telah mengharumkan nama Jatim. Sekarang ini Popnas, kami punya target, kalau juara umum, kami butuh minimal 48 emas,” ujar Khofifah.

Untuk meraih prestasi yang sama di Popnas, Khofifah telah meminta Kepala Dispora Jatim, Supratomo sebagai Ketua Kontingen atlet pelajar Jatim untuk menghitung peluang juara umum itu. “Mudah-mudahan kita bisa mencukupi untuk bisa memenuhi kebutuhan sebagai juara umum,” katanya.

Menurut dia, Jawa Timur dan Indonesia secara umum sekarang sedang berolahraga. Jumat pagi tadi ada pembukaan pembinaan mental, karakter, dan penguatan semangat untuk para atlet Jatim peserta Pekan Olahraga Nasional (PON). “Hari ini juga masih berjalan di Babel, Pekan Olahraga Korpri. Jadi, Indonesia ini sedang berolahraga, mudah-mudahan sehat lahir sehat batin, dan Jatim, saya harap tetap berkontribusi bagi atlet-atletbnasional,” tuturnya.

Pemusatan Pelatihan Daerah (Puslatda) KONI Jatim saat ini juga sedang mempersiapkan atlet untuk mengikuti Sea Games di Manila, juga ajang olahraga lainnya baik nasional dan internasional. “Jadi, KONI sekarang ini sangat sibuk untuk menyiapkan atlet-atlet itu. Puslatda (Jatim) juga sudah siap-siap, sudah ada (atlet) yang akan mengikuti di Puslatnas (Pemusatan Latihan Nasional),” tuturnya.

Supratomo sebagai Ketua Kontingen Atlet Popnas Jatim mengatakan, secara realistis dia menghitung, baru ada peluang sebanyak 44 medali yang bisa didapatkan Jawa Timur. Pasalnya, Popnas yang tadinya 20 cabang olahraga di Papua sekarang menjadi hanya 13 cabor dengan sejumlah nomor unggulan Jawa Timur yang tidak dipertandingkan di Popnas.

“Kami memang banyak kehilangan cabor yang menjadi lumbung (medali) Jatim, seperti tenis lapangan, volley indoor dan gulat. Hitung-hitungan realistisnya, memang baru 44 (potensi medali emas). Untuk menjadi juara umum 48 (emas), 22 persen dari 221 nomor yang dipertandingkan. Saingan terberat Jabar, Jateng dan DKI Jakarta. Kami akan siapkan bonus sama, baik Popnas dan Peparpenas,” pungkasnya. [tok/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar