Iklan Banner Sukun
Olahraga

Ribuan Pelari Bakal Susuri Rute Rembangan Menuju Alun-alun di Jember Ultra Marathon

Bupati Hendy Siswanto dan Kris van de Velde, CEO Asia Trail Master.

Jember (beritajatim.com) – Pelari dari pelbagai tempat bakal hadir dan menyemarakkan gelaran olahraga Jember Ultra Marathon. Ajang lari ini dijadwalkan berlangsung pada 19-20 Agustus 2022.

Jember Ultra Marathon adalah seri ke-26 dari kejuaraan Asia Trail Master 2022. Dalam laman asiatrailmaster.com, Asia Trail Master adalah kompetisi lari trail di Asia kelas internasional, yang dikelola Kuai Sport Promotions Ltd di Hong Kong.

Ajang ini pertama kali digelar pada 2015. Selama dua tahun yaitu pada 2020 dan 2021, kegiatan ini terpaksa dihentikan akibat pandemi Covid-19.

Tujuan utama seri Asia Trail Master adalah mempromosikan gaya hidup sehat dan meningkatkan kesadaran lingkungan pada penduduk internasional melalui lari trail. Selain itu, membuat platform komunitas dan membawa orang-orang dari berbagai negara, budaya dan latar belakang berbeda untuk bersama-sama beradu kemampuan berlari.

Selain itu, kejuaraan ini bertujuan menyediakan platform baru bagi penyelenggara acara lari trail untuk meningkatkan promosi internasional dan mediasi acara mereka serta membantu penyelenggara dengan jaringan bisnis dan teknik acara yang dibutuhkan. Kejuaraan ini juga untuk menyiapkan pelari trail Asia dengan tujuan yang tepat, baik menjadi grandmaster atau pemenang Asia Trail master tahunan, yang bisa menghasilkan penghargaan dan dukungan sponsor.

Bupati Jember, Hendy Siswanto, mengungkapkan ada alasan mengapa Jember terpilih sebagai lokasi lomba lari bergengsi ini. Salah satunya karena Jember punya bentang alam yang lengkap.

“Punya gunung, bukit, sungai, laut, dan pantai, dan Jember punya penduduk 2,6 juta. Ini potensi luar biasa untuk kegiatan maraton di gunung dan maraton di jalan,” ujar Hendy dalam konferensi pers, Jumat (6/5/2022) malam.

Jember Ultra Marathon unik disebut festival karena terdiri atas trail running dan road running atau lari alam dan lari di jalanan yang diselenggarakan pada hari yang sama. “Ini festival lari. Pesertanya bisa ribuan orang,” kata Kris van de Velde, CEO Asia Trail Master.

Khusus untuk road running atau lari maraton di jalan terdiri atas kategori 10 kilometer, 21 kilometer, dan 42 kilometer, dengan garis awal dan finis di alun-alun Jember. Sementara untuk trail running menempuh jarak 70 kilometer dengan garis awal di daerah agrowisata Rembangan dan berakhir di alun-alun. Ada juga kids running yang melibatkan pelari usia muda.

Van de Velde berharap dengan kejuaraan tersebut, wisatawan luar banyak yang datang dan berlibur di Jember. Selain itu, dengan kegiatan tersebut pemerintah setempat bisa mencari investasi. Dalam kejuaraan tahun-tahun sebelumnya ada dua pelari Indonesia yang menjadi juara, yakni Arief Wismoyono pada 2015 dan Ruth Theresia pada 2018.

“Siapa tahu pada masa mendatang juaranya dari Jember,” katanya. [wir/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar