Olahraga

Resmi Ditunda! Ini yang Terjadi Pada Laga Brasil Kontra Argentina

Twitter @CONMEBOL

Surabaya (beritajatim.com) – Duel super clasico tersaji pada lanjutan kualifikasi piala dunia 2022, Qatar zona zona CONMEBOL di Neo Quimica Arena, senin (6/9/2021) dini hari waktu Indonesia. Namun, baru masuk pada menit ke-5 pertandingan yang mempertemukan bintang Paris Saint Germain, Messi dan Neymar itu terpaksa dihentikan. Pasalnya, empat pemain Argentina dianggap telah melanggar protokol kesehatan.

Kendati pertemuan kedua timnas raksasa benua Amerika ditunggu penggemar, namun tetap saja pertandingan itu harus ditunda. Itu terjadi setelah ada gangguan di tepi lapangan. Para pemain pun sempat bingung akan kejadian itu. Sebagaimana dikutip dari laman Goal.com bahwa pihak kesehatan di Brasil turun tangan kemudian melakukan intervensi di pertandingan.

Wasit dan ofisial pertandingan tidak punya pilihan selain menghentikan pertandingan. Duel kedua tim tidak ada kejelasan hingga berlalu satu jam. Laporan menyebut jika otoritas kesehatan Brasil terpaksa melakukan intervensi akibat dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) yang dilakukan empat punggawa timnas Argentina yang bermain di Premier League.

Keempat pemain yang diduga melanggar prokes antaranya, kiper andalan mereka Giovani Emiliano Martinez, ada juga nama Cristina Romero, Lo Celso, dan Emiliano Buendia. Nama-nama itu telah memberi informasi palsu saat mengisi formulir data pendatang yang masuk ke negara Brasil.

Beberapa menit berselang, Anvisa yang merupakan Brazilian Health Regulatory Agency, menyatakan jika pertandingan itu ditunda. Anvisa menilai jika situasi ini sebagai risiko kesehatan serius, apalagi berhubungan dengan munculnya varian virus covid baru di Inggris.

Oleh karena itu, Anvisa menulis pernyataan resmi yang menyarankan otoritas kesehatan setempat untuk segera melakukan karantina para pemain yang seharusnya tidak boleh ikut dalam aktivitas apapun dan tidak boleh tetap berada di wilayah negara Brasil.

Dinukil dari Twitter @CONMEBOL pertandingan Brasil melawan Argentina ditunda secara resmi. Pertandingan tidak bisa dilanjutkan sampai waktu yang ditentukan.

“Berdasarkan keputusan wasit, pertandingan yang dikelola oleh FIFA antara Brasil dan Argentina untuk Kualifikasi Piala Dunia diputuskan ditunda. Wasit dan komisaris pertandingan akan menyerahkan laporan pada FIFA Disciplinary Committee, yang akan menentukan prosedur berikutnya. Langkah itu sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.” tulis asosiasi sepakbola CONMEBOL lewat Twitter. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar