Olahraga

Rekor! Bek Veteran Berusia 41 Tahun, Inilah Ildefons Lima Solà

(Foto: Twitter @idelima6)

Surabaya (beritajatim.com) – Andorra merupakan salah negara di benua Eropa. Sepakbola negara ini memang tidak banyak dikenal dunia. Andorra bukan negara kuat di dunia sepakbola apalagi rajin memproduksi pemain bintang. Meski begitu, negara Andorra berhasil mencatat rekor dunia berkat sang kapten, Ildefons Lima Solà.  mendapat guinness world record the most old midfielder with 130 caps.

Negara Andorra merupakan microstate, luas negaranya pun tidak seberapa. Negara ini berada di antara Perancis dan Spanyol. Kebanyakan wilayahnya terdiri dari pegunungan, sehingga negara ini tidak memiliki bandar udara. Untuk menempuh perjalanan udara mereka harus ke Barcelona atau Toulouse dulu. Adapun Federasi sepakbola Andorra baru berdiri pada tahun 1994. Setahun setelah itu liga profesional Andorra baru terbentuk.

Ildefons Lima adalah salah satu pesepakbola profesional Andorra angkatan awal yang tetap hingga tahun 2021 ini. Tak banyak pesepakbola yang aktif bermain hingga usia 41 tahun seperti Ildefons Lima. Ia makin istimewa karena masih mengemban ban kapten dan andalan tim nasional Andorra.

Ildefons Lima telah mengawal lini belakang Andorra selama 24 tahun. Debutnya dicatatkan pertama kali pada 22 Juni 1997 dalam laga uji coba menghadapi Estonia. Saat laga itu berlangsung, dia masih berusia 17 tahun. Andorra kalah 1-4 dari Estonia, tapi Ildefons Lima sanggup mencetak cetak gol.

Selama membela Andorra sampai awal September 2021, Ildefons Lima mencatat 11 gol. Hal ini menjadikan Ildefons Lima sebagai pemain yang paling sering tampil sekaligus top skor Andorra. Dia juga terlibat dalam 5 kemenangan dari total 7 kemenangan yang pernah diraih Andorra. Meskipun pengabdian luar biasa di lapangan hijau, tapi tahun 2020 lalu ia terkena masalah akibat mengkritik federasi Andorra yang dianggap kurang menjamin protokol kesehatan seperti memberi tes COVID sebelum tanding.

Masalah itu membuat Ildefons Lima absen dalam beberapa laga internasional. Tapi, kata sepakat antara federasi dan Ildefons lima kemudian dapat diraih. Ia kembali memimpin tim nasional Andorra. Ildefons Lima akan kembali tampil memimpin rekan satu negaranya dalam lanjutan kualifikasi piala dunia 2021 melawan Inggris, 5 September 2021. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar