Iklan Banner Sukun
Olahraga

Rekomendasi Jenis Olahraga yang Cocok Bagi Lansia

(Foto: Serhat Beyazkaya, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Menjadi tua memang tidak bisa dihindari, lantaran waktu terus berputar. Namun, usia senja bukan jadi alasan untuk bermalas-malasan. Juga bukan alasan untuk tidak berolahraga. Sebab, dengan olahraga mereka yang sudah mencapai usia senja akan bisa menjaga kesehatan dan fungsi-fungsi tubuh.

Seseorang yang sudah masuk usia senja, atau lanjut usia (lansia) biasa akan terjadi penurunan beberapa fungsi tubuh. Tidak jarang pula, lansia mengalami demensia. Yaitu gejala memori otak yang mengakibatkan mudah lupa pada semua hal.

Salah satu cara yang bisa diupayakan bagi lansia yaitu olahraga. Dengan usia yang senja, penyakit juga rentan masuk. Namun, jika terus dilatih dengan berolahraga, diimbangi konsumsi makanan sehat resiko itu bisa berkurang dengan sendirinya.

Ada beberapa jenis olahraga yang cocok bagi lansia. Olahraga ini cocok karena alasan praktis dan mudah dilakukan terutama pada pagi hari. Memasuki usia senja bukan alasan untuk tidak menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Semakin bertambahnya usia, tubuh seseorang akan mengalami perubahan. Bagi anda yang berusia senja, lakukan olahraga berikut.

Berenang

Berenang bisa dikatakan sebagai olahraga yang memanfaatkan semua bagian tubuh. Mulai dari kaki, tangan, kepala, siku, hingga persendian. Berenang dapat membakar banyak kalori dan membangun lebih banyak massa otot. Jika tubuh lansia punya massa otot yang lebih banyak ketimbang lemak, maka akan meningkatkan fungsi kinerja dari bagian tubuh. Sehingga tubuh seorang lansia akan lebih kuat dan tidak rentan terserang penyakit.

Berjalan kaki

Berjalan dapat membuat aliran darah terpompa ke seluruh tubuh tanpa terlalu membebani sistem kardiovaskular. Berjalan kaki sangat praktis juga mudah dilakukan. Berjalan kaki selama 20 sampai 30 menit dalam sehari akan membuat tubuh lansia lebih bugar.

Bersepeda

Tren bersepeda belakangan ini ramai gemari masyarakat. Bersepeda juga punya manfaat kompleks bagi tubuh lantaran menggerakkan banyak bagian. Bersepeda juga mencegah terjadinya masalah-masalah persendian terutama pada bagian terutama lutut. Dengan bersepeda secara rutin akan menurunkan resiko osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Golf

Golf merupakan olahraga yang cukup praktis, dan tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga tapi tetap menyehatkan. Konsentrasi dalam bermain golf dapat menghindari penyakit demensia yang bisa menyebabkan kepikunan. Dengan olahraga golf ini bisa menurunkan resiko penyakit demensia.

Bagi Anda yang sudah masuk usia senja, lakukan beberapa olahraga praktis yang mudah tersebut. Tujuannya agar tubuh tetap bugar dan tidak rentan pada penyakit. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar