Olahraga

Ratusan Remaja Jember Berburu Mimpi Masuk Timnas U16 dan U19

Ratusan remaja mengikuti seleksi pemain untuk memperkuat tim nasional Indonesia U16 dan U19 di Stadion Notohadinegoro, Kabupaten Jember. [Foto: Wawan]

Jember (beritajatim.com) – Ratusan orang remaja mengikuti seleksi pemain untuk memperkuat tim nasional Indonesia U16 dan U19 di Stadion Notohadinegoro, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (6/3/2021). Seleksi diselenggarakan Asosiasi Sepak Bola Kabupaten (Askab PSSI) Jember dan dibuka Bupati Hendy Siswanto.

Sebanyak 198 orang mengikuti seleksi U16 dan 182 orang mengikuti seleksi U19. Tim penilai untuk U16 terdiri atas Ugas Tri Iriantono, Ahmad Soleh, dan M. Ansori. Sementara pemain U19 dinilai oleh Sugeng Sudibyo, Abdul Rahman, dan Zainul Arifin. Hadir juga sebagai direktur teknik adalah Fahmi Mairuddin dan M. Rofiq dalam seleksi itu.

Ketua Askab PSSI Jember Sutikno mengatakan, seleksi pemain itu digelar karena Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur meminta nama-nama pemain yang berpotensi masuk timnas U16 dan U19. “Sebenarnya tanpa seleksi, langsung (setor nama dari bank data) pun bisa. Tapi kami tetap berusaha menjaring secara demokratis dan murni, yang kami kirim betul-betul yang terbaik. Itu kenapa kami menggelar seleksi, meski bukan kewajiban,” katanya.

Dari ratusan orang, hanya akan dipilih sepuluh orang dari masing-masing kelompok usia. Lima orang disetorkan untuk timnas dan lima orang lainnya dimasukkan bank data Asprov PSSI Jatim. “Attitude dan kualitas harus sama-sama ada,” kata Sutikno menyebutkan kriteria pemain yang bisa lolos seleksi.

Menurut Sutikno, sudah ada dua pemain asal Jember yang sudah masuk seleksi nasional. Mereka adalah Rizky dan Bramdani. Bramdani adalah alumni Garuda Select angkatan kedua dan saat ini memperkuat Persebaya Surabaya. Pemain sayap ini pernah dilatih oleh Sekolah Sepak Bola Glory Putra. “Jadi mereka tak ikut tahapan seleksi daerah ini. Rizky gugur dalam seleksi Garuda Select di Jakarta,” kata Sutikno. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar