Iklan Banner Sukun
Olahraga

Puluhan Pendekar Ikuti Festival Seni Pencak Silat Pagar Nusa Kediri

Pagar Nusa
Dua pendekar bertanding dalam Festival Pencak Silat Pagar Nusa Kota Kediri.

Kediri (beritajatim.com) – Puluhan pendekar mengikuti Festival Seni Pencak Silat Pagar Nusa di Gedung Sport Center Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, pada Minggu (19/12/2021). Festival yang diselenggarakan oleh Penngurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kediri dan PC PS NU Pagar Nusa Kota Kediri ini dalam rangka pembinaan atlet pencak silat menuju Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur ke-VII 2022.

Hadir dalam pembukaan Festival Seni Pencak Silat ini Ketua PCNU Kota Kediri KH. Abu Bakar Abdul Jalil, Wakil Ketua DPRD Kota Kediri yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kota Kediri Katino, Ketua PC Pagar Nusa Kota Kediri Agus Yusuf Khozin serta beberapa orang sesepuh Pagarnusa.

Pagar Nusa
Ketua PC Pagar Nusa Kota Kediri pukul gong tanda dimulainya festival.

Dalam sambutan pembukaan, Ketua PCNU Kota Kediri Gus Ab menyampaikan, Pagar Nusa merupakan badan otonom NU yang membidangi seni bela diri. Pagarnusa merupakan pagar-nya atau benteng NU dan Bangsa Indonesia. “Pagar Nusa itu Pagarnya NU dan Pagarnya Bangsa. Makanya diberi nama Pagar Nusa. Kita berkhidmat di NU dengan berkiprah di Pagar Nusa,” ungkap Gus Ab.

Gus Ab juga berharap selian untuk bela diri, Pagar Nusa juga untuk olahraga dan prestasi. Dirinya menginginkan, Festival ini turut mendukung peningkatan prestasi atlet pencak silat Kota Kediri dari Pagarnusa. Kegiatan tersebut menjadi bagian dari persiapan menuju event perlombaan olahraga bergengsi di Jatim yaitu Porprov 2022 yang akan dilaksanakan di Jember, Situbondo dan Lumajang.

Pagar Nusa
Wakil Ketua DPRD Kota Kediri Katino menyerahkan bantuan gamelan kepada Pagar Nusa.

Pada kesempatan pembukaan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Kediri Katino menyerahkan bantuan alat musik gamelan kepada Pagar Nusa Kota Kediri. Katino berharap bantuan tersebut dapat menunjang pelestarian seni budaya serta mendorong kreatifitas dan prestasi Pagar Nusa Kota kediri.

“Silahkan dimanfaatkan alat kesenian tersebut semoga dapat mendorong prestasi pencak silat pagarnusa kedepannya,” ucap katino. Perlu diketahui Festival Seni Pencak Silat ini diikuti oleh 60 peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing ranting PSNU Pagarn Nusa se-Kota Kediri. [nm].


Apa Reaksi Anda?

Komentar